Prestasi Membanggakan, SMPN 54 Batam Terpilih Jadi Sekolah Penggerak

SMPN 54 Batam Sekolah Penggerak
Kasi Kurikulum SMP Disdik Kota Batam, Qurniadi MPd, membuka kegiatan In House Training dilakukan SMPN 54 Batam dalam persiapan penerapan Sekolah Penggerak. (Foto: istimewa)

Batam (gokepri.com) – SMPN 54 Batam mencatat prestasi membanggakan karena meraih predikat Sekolah Penggerak. Sekolah yang selama ini tidak diperhitungkan, berhasil lolos seleksi bersaing bersama ribuan sekolah di Indonesia dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam program Merdeka Belajar Episode 7.

Bukan hal mudah untuk lolos meraih predikat Sekolah Penggerak. Serangkai seleksi ketat berhasil dilalui Kepala Sekolah SMPN 54 Batam, Devi Rovina MPd, mulai seleksi administrasi, tes tertulis, presetasi, hingga wawancara.

Sejumlah persiapan dan rencana aksi untuk menerapkan sekolah penggerak telah dilakukan pihak SMPN 54 Batam. Dan pada tahun ajaran baru hanya tinggal menginplementasikannya saja selama tiga tahun bertururt-turut.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 54 Batam, Devi Rovina MPd, bahwa program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia untuk menjadikan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya profil Pelajar Pancasila.

Selain itu program Sekolah Penggerak juga, kata dia, berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) serta karakter siswa. Dengan diawali SDM yang unggul, baik kepala sekolah maupun gurunya melalui serangkaian pelatihan dari Kemendikbud Ristek maupuan pelatihan in house training diadakan di sekolah.

Kepercayaan program bergengsi dari Kemendikbud Ristek, disambut suka cita oleh para guru, siswa dan juga komite sekolah. Mereka bertekad akan mendukung penuh serta menjalankan program Sekolah Penggerak dengan sebaik mungkin.

Sementara untuk Batam sendiri nagi tingkat SMP yang lolos seleksi Sekolah Penggerak hanya terdapat 6 sekolah, kebanyakan didominasi oleh sekolah ternama, yakni SMPN 6 Batam, SMPN 9 Batam, SMPN 12 Batam, SMPN 28 Batam, SMPN 38 Batam, dan SMPN 54 Batam. (aat)

|Baca Juga: SEKOLAH PENGGERAK: Perkuat Kapasitas Guru, SMPN 6 Gelar In House Training

 

BAGIKAN