PPDB SMA, SMK dan SLB Negeri di Kepri Mulai 11 Juni 2024

Kepala Disdik Kepri Andi Agung. Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri.com) – Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau resmi membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK dan SLB negeri tahun ajaran 2024/2025 mulai Selasa 11 Juni 2024.

Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung mengatakan, pendaftaran PPDB jenjang SMA sederajat dibagi menjadi beberapa tahap. Untuk tahap pertama yakni afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua.

“Besok akan dimulai ya pendafataran PPDB jenjang SMA/K dan SLB,” kata dia di aula Kantor Gubernur, Senin 10 Juni 2024.

Baca Juga: PPDB Tingkat SD dan SMP Tanjungpinang Dibuka Juni 2024

Sementara tahap kedua adalah jalur zonasi. Andi menuturkan, PPDB jenjang SMA memiliki persentase tersendiri untuk setiap kategori yakni 15 persen untuk prestasi, afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan zonasi 65 persen.

“Zonasi nanti tanggal 22 Juni 2024 baru dibuka,” kata dia.

Ia menjelaskan, jumlah lulusan SMP tahun 2024 tidak dapat ditampung semuanya di sekolah SMA negeri sederajat. Untuk itu, pihaknya berharap agar orang tua tidak memaksakan anaknya untuk masuk di sekolah negeri.

Data Disdik lulusan SMP di Kepri mencapai 55.000 lulusan, sementara yang tertampung di SMA/K negeri ada 31 ribu.

“Sekolah swasta banyak yang bagus. Data yang kota punya itu ada 6.000-an lulusan. Tapi kita perlu antisipasi, apa lagi di kota Batam,” kata dia.

Ia menilai, permasalahan PPDB paling sering terjadi di Batam. “Kalau di Batam itu yang paling banyak konfliknya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN