PPDB Hari Pertama Penuh Drama, Orang Tua Mengeluh Kesulitan Unggah Berkas

PPDB Kepri 2024
Petugas PPDB Kepulauan Riau 2024 di SMAN 2 Tanjungpinang, 11 Juni. Foto: gokepri/Engesti Fedro

Tanjungpinang (gokepri) – PPDB Kepri untuk tingkat SMA/SMK/SLB tahun 2024 baru saja dibuka, tapi sudah ramai protes. Di hari pertama, banyak orang tua yang mengeluh kesulitan mengunggah dokumen saat mendaftarkan anaknya secara daring.

Salah satu orang tua yang mengalami kendala adalah Sophia dari Tanjungpinang. Ia ingin mendaftarkan anaknya melalui jalur afirmasi di SMAN 2 Tanjungpinang, tapi gagal terus saat mengunggah dokumen.

Baca:

“Sudah disuruh kecilkan ukuran file tapi tidak bisa juga di-upload. Selang beberapa lama web loading tidak bisa diakses. Begitu terus,” kata dia, Selasa 11 Juni.

Sophia sudah melaporkan masalah ini ke helpdesk website atau layanan bantuan di sippdb.kepriprov.go.id, tapi sampai siang hari belum ada respons. Ia khawatir anaknya tidak terdaftar di sistem.

“Admin bilang untuk refresh, tapi sama saja,” kata dia.

PPDB Kepri 2024
Papan layanan informasi PPDB di SMAN 2 Tanjungpinang. Foto: gokepri/Engesti Fedro

Pengalaman serupa dialami Waluyo. Ia ingin mendaftarkan anaknya melalui jalur afirmasi, tapi kesulitan mengakses laman pendaftaran. “Mungkin karena ramai yang daftar hari pertama jadi berat website-nya,” kata dia.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 2 Tanjungpinang Bidang Kesiswaan Maryanto mengatakan bagi wali murid yang mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran bisa langsung datang ke sekolah untuk dibantu.

Di SMAN 2 Tanjungpinang, ada enam operator yang siap membantu wali murid yang mengalami kesulitan. “Silakan datang ke sekolah kami sudah menyiapkan tim khusus untuk membantu proses pendaftaran,” kata dia.

Maryanto mengatakan baru dua orang tua yang datang ke sekolah untuk menanyakan soal pendaftaran peserta didik.  “Kami ruangan khusus untuk pendaftaran. Wali murid bisa datang jika bingung atau mengalami kesulitan,” kata dia.

Maryanto menjelaskan PPDB di SMAN 2 Tanjungpinang dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua. Sementara pada 22 Juni adalah jalur zonasi.

“Total lebih kurang ada 400-an. Tugas kami hanya menyeleksi berkas yang tidak sesuai. Kami harap tahun ini tidak ada masalah lagi pada saat penerimaan peserta didik,” kata dia.

Jadwal PPDB

Diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Riau Andi Agung mengungkapkan pendaftaran PPDB SMA akan berlangsung dalam dua gelombang. Sedangkan SMK hanya satu gelombang.

Gelombang pertama untuk SMA dan SMK akan dibuka serentak pada 11-12 Juni 2024, dengan tahapan verifikasi pada 14-18 Juni, pengumuman pada 19 Juni, dan daftar ulang pada 20 Juni.

Gelombang pertama SMA diperuntukkan bagi jalur afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Sedangkan jalur zonasi akan dibuka pada gelombang kedua, yaitu 20-22 Juni 2024, dengan verifikasi pada 23-27 Juni, pengumuman pada 28 Juni, dan daftar ulang pada 1-4 Juli 2024.

Kuota penerimaan SMA dibagi menjadi 15 persen untuk prestasi, 15 persen untuk afirmasi, 5 persen untuk perpindahan orang tua, dan 65 persen untuk zonasi.

Sementara itu, PPDB SMK hanya memiliki satu gelombang dengan kuota 75 persen untuk penilaian rapor, akademik, dan non-akademik, 10 persen untuk bina lingkungan, dan 15 persen untuk keluarga kurang mampu.

Pendaftaran PPDB Sekolah Luar Biasa (SLB) akan berlangsung pada 11-16 Juni 2024, diikuti dengan pengenalan lingkungan sekolah pada 8-12 Juli 2024 dan dimulainya masa belajar mengajar.

Berikut beberapa poin penting PPDB SMA/SMK Kepri 2024:

* Pendaftaran SMA: 2 gelombang, gelombang pertama (afirmasi, perpindahan orang tua, prestasi) 11-12 Juni, gelombang kedua (zonasi) 20-22 Juni.
* Pendaftaran SMK: 1 gelombang, 11-12 Juni.
* Pendaftaran SLB: 11-16 Juni.
* Verifikasi: 14-18 Juni (SMA & SMK), 17-19 Juni (SLB).
* Pengumuman: 19 Juni (SMA & SMK), 20 Juni (SLB).
* Daftar Ulang: 20 Juni (SMA & SMK), 21-23 Juni (SLB).
* Pengenalan Lingkungan Sekolah (SLB): 8-12 Juli 2024.

Bagi orang tua dan calon peserta didik yang ingin mendaftar PPDB SMA/SMK/SLB Kepri 2024, diimbau untuk mengikuti informasi resmi dari Disdik Kepri dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Penulis: Engesti Fedro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

BAGIKAN