Pimpin Apel Siaga Satlinmas se-Kepri, Ansar Sebut Satlinmas Bagian dari Suksesnya Pesta Demokrasi

48

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menegaskan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam menyambut musim kontestasi tahun depan sangat penting. Apalagi Satlinmas merupakan salah satu garda terdepan dalam pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Satlinmas merupakan salah satu bagian kunci suksesnya pesta demokrasi di Indonesia. Mereka merupakan salah satu garda terdepan dalam menjaga agar pemilu berjalan lancar, aman dan sukses,” kata Gubernur Ansar Ahmad, di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (27/11) pagi.

Di Gedung Daerah, Ansar Ahmad memimpin apel siaga yang diikuti seribu Satlinmas seluruh Kepri. Sebagian besar Satlinmas yang hadir dalam Apel Siaga itu berasal dari Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Apel Siaga ini juga dihadiri langsung Kasatpol Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepri Hendri Kurniadi. Hadir juga Tim Percepatan Pembangunan Kepri, Safarudin Aluan dan Basyaruddin Idris.

Sejumlah pegawai Satpol PP Kepri juga ikut menyemarakkan apel siaga itu. Demikian juga sejumlah pejabat terkait dari Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Seperti yang mewakili Kasatpol PP Kota Tanjungpinang. Demikian juga dengan Kabid dan Kasi Linmas dari Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, serta dari Damkar Kota Tanjungpinang.

Ansar pun mengajak semua komponen masyarakat di Kepri untuk terlibat aktif dalam menjaga iklim demokrasi. Demokrasi yang berjalan dengan aman dan lancar juga membuat pembangunan di negeri ini berlangsung dengan baik.

“Semoga penyelenggaraan pesta demokrasi baik, lancar dan tertib. Karena menentukan kelangsungan pembangunan negeri ini dari waktu ke waktu,” kata Bupati Bintan dua periode ini.

Mantan anggota DPR RI ini menyampaikan bahwa kondisi Indonesia saat ini cukup baik. Pemerintah Pusat yang dipimpin oleh Presiden Joko Widido sudah banyak melakukan pembangunan infrastuktur, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau. Keberlangsungan pembangunan itu, sangat diperlukan dengan terciptanya daerah yang damai dan kondusif. Peran Satlinmas juga sangat besar di situ. 

Apalagi Satlinmas juga menjadi salah satu ujung tombak dalam membantu kepala daerah. Karena itu mereka perlu terus dibekali kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan dalam menjalankan fungsinya. Sekali lagi, fungsi mereka sangat penting  karena terkait dengan keamanan keteraman dan ketertiban umum.

Sementara itu, Kasatpol PP Hendri Kurniadi,  menyampaikan bahwa diselenggarakannya Apel Siaga Satlinmas Se-Provinsi Kepulauan Riau merupakan persiapan mereka dalam menyambut pesta demokrasi tahu hadapan. 

Kasatpol PP menjelaskan Satpol PP dan Satlinmas merupakan bagian terintegrasi dari aparat keamanan lainnya, terutama saat pemungutan suara. Sehingga mereka ini memiliki peran penting dalam mengawal keberlangsungan demokrasi melalui pengamanan dan penertiban proses Pemilihan Umum 2024.

“Satlinmas memiliki peran besar dalam rangka menjaga stabilitas politik dan penguatan stabilitas keamanan di lingkungan masyarakat serta perannya satlinmas sebagaimana telah diamanatkan oleh undang-undang mempunyai keterkaitan dengan lembaga keamanan lainnya,” ujar Kasatpol PP.

Selain itu, Hendri menyampaikan  Satpol PP dalam menyukseskan pemilu Tahun 2024, telah melibatkan diri dalam berbagai kegiatan di KPU dan Bawaslu diantarnya rapat koordinasi dengan KPU dan turun bersama – sama dengan Bawaslu Provinsi Kepri dalam penertiban APK dan APS pada waktu lalu.

“Pada beberapa kesempatan kita sudah melaksakan kegiatan bersama dengan KPU dan Bawaslu, seperti penertiban APK dan APS  bersama Bawaslu Provinsi Kepri,” kata Kasatpol PP.

Hendri berharap dengan kegiatan Apel Siaga Satlinmas ini dapat menciptakan sinergiritas dengan berbagai pihak dalam menyukseskan Pemilu mendatang. “Kita berharap Satlinmas dapat menciptakan kerjasama dengan instansi terkait, tugas dan tanggungjawab yang kita emban dalam menyukseskan Pemilu ini tidaklah ringan. Karena itu diperlukan kerjasama dan keterpaduan dengan berbagai pihak,” kata Hendri.

***

BAGIKAN