PIALA EROPA 2024: Beban Tuan Rumah, Jerman Siap Hadapi Tekanan Skotlandia

tim nasional sepak bola jerman
Foto: EPA-EFE

MUNICH, JERMAN (gokepri) – Pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, mengakui Skotlandia merupakan lawan berbahaya yang akan memanfaatkan tekanan tuan rumah saat mereka bertemu di laga pembuka Euro 2024 pada 14 Juni. Namun, ia melihat kepercayaan diri dan hasrat meraih kemenangan dari para pemainnya.

“Skotlandia bukan tim yang dipenuhi bintang dunia, tapi justru itu yang membuat mereka berbahaya. Mereka pemain yang lincah dan pantang menyerah, dengan mentalitas klasik Skotlandia,” tuturnya dalam konferensi pers, 13 Juni.

Baca:

Jerman merasakan tekanan dan ketegangan menjelang laga pembuka turnamen, namun hal itu wajar, ujar Nagelsmann. Timnya sudah sepenuhnya bugar dan siap bertanding.

“Ketika saya melihat mata para pemain… saya melihat banyak keyakinan dan rasa percaya diri, itulah yang saya inginkan… kami punya keuntungan bermain di kandang, kami ingin menang.”

“Kami bisa mengatasi tekanan, dan kami juga bisa mengalahkan Skotlandia.”

Jerman memang memiliki catatan empat gelar Piala Dunia dan tiga gelar juara kejuaraan Eropa. Namun reputasi mereka di turnamen besar sedikit tercoreng setelah serangkaian kegagalan sejak kemenangan Piala Dunia 2014 di Brasil.

tim nasional sepak bola jerman
Pelatih tim nasional sepak bola Jerman Julian Nagelsmann. Fotp: EPA-EFE

Timnas Jerman tersingkir di fase grup dua Piala Dunia berikutnya, torehan terburuk dalam 80 tahun terakhir, dan tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa terakhir.

“Kami akan mendapat lebih banyak tekanan daripada Skotlandia dan mereka akan ingin memanfaatkannya,” kata Nagelsmann, yang baru menjabat sebagai pelatih Jerman pada Oktober 2023.

Skotlandia bisa menciptakan peluang dan mempertahankan penguasaan bola, yang akan membuat lini belakang Jerman bekerja ekstra keras dalam pertandingan Grup A ini. “Kami harus tetap fokus untuk menghindari umpan silang,” tambahnya.

Nagelsmann mengaku dirinya emosional menjelang pertandingan. Ia bercerita berasal dari desa kecil dengan 700 penduduk dan lebih banyak sapi daripada manusia, dan kini tengah mempersiapkan pertandingan pembuka Piala Eropa 2024 di Munich.

Kapten Jerman, Ilkay Gundogan, mengatakan Nagelsmann memberikan kejelasan dan ketenangan kepada para pemain, yang turut membantu tim.

“Pelatih memberi kami kepercayaan diri, arahan yang jelas, dia telah mendiskusikan peran dengan kami… semua orang tahu apa yang diharapkan dari mereka dan bisa memberikan segalanya di lapangan, dan itu sangat membantu kami setelah pengalaman negatif di turnamen terakhir.”

“Tidak ada pertandingan lain yang seperti pertandingan pertama, karena dengan kemenangan itu kita bisa memanfaatkan momentum dan euforia untuk beberapa pertandingan berikutnya. Dan itulah mengapa tujuan terpenting besok adalah memenangkan pertandingan,” pungkasnya. REUTERS

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News