PENYERAPAN TENAGA KERJA: Trakindo Gandeng Politeknik Batam

Trakindo Politeknik Batam
Foto: Trakindo.co.id

Batam (gokepri.com) – Perusahaan penyedia solusi alat berat PT Trakindo Utama menggandeng kampus yakni Politeknik Negeri Batam (Polibatam) dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja.

“Pascapandemi ini ada pekerjaan besar yang harus kita lakukan secara nasional yaitu melanjutkan pembangunan infrastruktur penting, memperkuat ekonomi lokal, memenuhi permintaan energi, dan pekerjaan itu membutuhkan peran dan kontribusi industri alat berat yang dijalankan Trakindo. Untuk menjalankan peran itu dengan optimal, dibutuhkan talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia,” ujar HR Manager – Central Services Trakindo, Gemilang Adi Perdana, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 7 Januari 2022.

Trakindo menggandeng Politeknik Batam menyelenggarakan pelatihan dan juga webinar bagi mahasiswa. Para praktisi memberikan pembekalan dalam mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sektor industri di masa pemulihan ekonomi.

Kegiatan yang dinamakan Trakindo Goes to Campus (TGTC) tersebut diikuti sebanyak 180 mahasiswa dari berbagai program studi seperti teknik elektro, teknik mesin, teknik mekatronika, teknik elektronika manufaktur, teknik instrumentasi, teknik robotika, dan lainnya.

“Kami siap menyambut anak-anak muda Indonesia yang siap menjadi pionir, inovator, juara kemajuan untuk bergabung bersama kami, untuk maju ke depan, membangun negara dan membesarkan bangsa,” kata dia.

Pihaknya tidak hanya fokus pada peningkatan kompetensi, namun juga penguatan pendidikan karakter. Dia berharap kampus dapat melahirkan generasi-generasi yang adaptif yang mampu menjadi penerus di bidang teknologi.

Ketua Program Studi Teknik Mesin Polibatam, Ir Benny Haddli lrawan, STr MT IPM ASEAN Eng, mengatakan perkembangan teknologi saat ini membuat industri alat berat tidak cuma terbuka bagi mahasiswa teknik mesin saja, melainkan juga bagi bidang-bidang lain.

“Untuk mampu menjawab kebutuhan di industri alat berat ini, setiap mahasiswa perlu menggali pengetahuan dan mengasah keahlian, tetapi juga tidak melupakan karakter unggul yang mampu beradaptasi, cepat belajar dan tangguh, serta bisa ditempatkan di segala medan,” ujar Benny.

Benny menegaskan keyakinannya bahwa dengan upaya bersungguh-sungguh setiap mahasiswa Polibatam pasti mampu membangun karakternya sesuai kebutuhan. (Penulis: Candra Gunawan)

 

BAGIKAN