Pendapatan Iklan Youtube Google Digerus TikTok

Pelaku ekonomi kreatif
Ilustrasi Youtuber. (shutterstock)

BATAM (gokepri) – Pendapatan iklan YouTube milik Google susut untuk pertama kalinya pada kuartal IV 2022 karena bersaing dengan TikTok. Kini, pendapatannya turun lagi.

Induk Google, Alphabet mencatatkan penurunan pendapatan iklan secara keseluruhan menjadi USD54,55 miliar selama Januari-Maret. Ini termasuk pendapatan iklan YouTube yang turun 2,6 persen menjadi USD6,69 miliar, tetapi masih di atas perkiraan StreetAccount USD6,6 miliar.

“Perusahaan terus berinvestasi terkait layanan video pendek untuk bersaing dengan TikTok,” demikian dikutip dari The Guardian, Rabu (26/4). CEO Alphabet Sundar Pichai menyatakan dalam pertemuan Selasa bahwa YouTube Shorts mencatatkan 50 miliar penayangan harian, atau naik dari 30 miliar kali tahun lalu.

Baca Juga: Konten YouTube Bisa Jadi Jaminan Bank Mulai Juli, Ini Penjelasan Kemenparekraf

Kinerja bisnis induk Google, Alphabet selama kuartal I sebagai berikut:

– Laba bersih turun 8,4 persen menjadi USD15,05 miliar
– Laba operasional turun 13,3 persen menjadi USD17,4 miliar
– Pendapatan Alphabet naik 3 persen menjadi USD69,79 miliar. Pertumbuhan melambat dibandingkan Januari – Maret 2022 23 persen.

– Pendapatan terdiri dari:
1. Pendapatan iklan turun menjadi USD54,55 miliar. Ini termasuk pendapatan iklan YouTube yang turun 2,6 pesen menjadi USD6,69 miliar, tetapi di atas perkiraan StreetAccount USD6,6 miliar
2. Pendapatan Google Cloud USD7,45 milar di bawah prediksi USD7,49 miliar

Secara keseluruhan, pendapatan Alphabet tetap tumbuh. Ini didukung oleh bisnis komputasi awan atau cloud yang melaporkan keuntungan untuk pertama kalinya sejak diluncurkan yakni US$ 191 juta.

Meski begitu, “pendapatan iklan, tetap di bawah ancaman dengan pendapatan YouTube menurun lagi dan pendapatan lainnya naik kurang dari 2 persen,” kata analis senior di firma riset pasar Insider Intelligence Max Willens. “Bisnis inti Google menghadapi tantangan paling serius dalam beberapa waktu,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Candra Gunawan

BAGIKAN