Pendaftaran Fuel Card Pertalite untuk Warga Batam Dibuka

Disperindag Kota Batam meluncurkan Fuel Card 5.0 sebagai alat pengendali dalam pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite bagi kendaraan roda empat. Foto: ANTARA

Batam (gokepri.com) – Pendaftaran fuel card 5.0 sebagai alat pengendali dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite untuk warga Batam mulai dibuka.

Pendaftaran dibuka secara daring (online) mulai 26 April hingga 31 Juli 2024. Pendaftaran bisa dilakukan di laman website batamfuelcard.id.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengatakan pendaftaran kartu tersebut bisa dilakukan bagi pemilik kendaraan roda empat. Berkas persyaratan hingga pendaftaran bank semuanya dilakukan secara daring.

Baca Juga: Mulai April 2024, Beli Pertalite di Batam Wajib Punya Fuel Card

“Website bisa diakes mulai jam 13.00 WIB siang ini. Proses pendaftaran hingga selesai, diperkirakan memakan waktu hingga 3 hari,” kata Gustian.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam melibatkan tiga perbankan dalam penerapan Fuel Card 5.0, yaitu PT KB Bank, PT Bank Sumut, dan PT Bank CIMB Niaga Tbk untuk melayani transaksi pembayaran pengguna jenis BBM khusus penugasan (BKB) di Kota Batam.

Gustian mengatakan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pola pembelian BBM jenis Pertalite menggunakan Fuel Card.

“Masyarakat bisa memilih, di mana masyarakat merasa nyaman, dipersilakan memilih di antara ketiga bank tersebut. Selain itu, di Kantor Disperindag juga disiapkan layanan untuk pembuatan Fuel Card 5.0, kami berharap hingga 31 Juli 2024 Fuel Card ini sudah selesai,” kata dia.

Bagi masyarakat yang bingung dalam proses pendaftaran secara daring, Disperindag membuka posko layanan di sejumlah titik lokasi, yaitu di Pemkot Batam, Kantor Disperindag, BP Batam, Mega Mall, BCS mall, dan Grand Mall Batam.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan penerapan Fuel Card 5.0 merupakan terobosan menuju kota pintar.

“Kalau sekarang Pertalite, mungkin yang lainnya akan mulai menyusul menggunakan sistem teknologi juga. Saya berharap ke depan mungkin terkait sampah dan parkir, kepala dinasnya juga membuat terobosan untuk mengambil distribusi dari masyarakat menggunakan teknologi,” kata Rudi, Kamis 25 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN