Pemko Jemput Bola, Bapenda Roadshow PBB P2 di 12 Kecamatan

Sekda Kota Batam Jefridin Hamid menyerahkan undian berhadian sepeda dalam Roadshow PBB di Nongsa, Sabtu 2 Mei 2023. Foto: Diskominfo Batam.

BATAM (gokepri.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Batam jemput bola dalam mengoptimalkan pendapatan daerah. Hal itu dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dengan menggelar roadshow PBB P2 di 12 kecamatan.

Roadshow Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) ini dalam rangka untuk mengembangkan infrastruktur Kota Batam yang dananya bersumber dari pendapatan asli daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan semua pembangunan di Batam uangnya berasal dari pajak dan retribusi daerah.

“Salah satunya pembangunan jalan. Jalan kita jadi keren, pembangunannya dari hasil pajak. Terimakasih untuk kita semua yang sudah membayar pajak,” ujar Jefridin dalam acara roadshow PBB-P2 di Kecamatan Nongsa, Sabtu 6 Mei 2023.

Jefridin mengapresiasi Bapenda Kota Batam yang telah menggelar roadshow dalam upaya meningkatkan pendapatan pajak daerah.

Jemput bola ini menurutnya dalam rangka memberikan kemudahan kepada wajib pajak yang ingin membayar pajaknya. Meskipun saat ini pembayaran PBB-P2 sudah bisa dilaksanakan di Indomaret dan secara mobile banking BRK.

“Roadshow ini adalah strategi untuk memjemput pajak. Saya atas nama Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengucapkan terimakasih kepada Bapenda dan wajib pajak,” kata dia.

Jefridin mengatakan upaya jemput bola ini perlu dilakukan karena hampir 50 persen APBD Kota Batam bersumber dari PAD. Baik untuk Pembangunan insfrastruktur, layanan pendidikan maupun kesehatan.

Untuk memeriahkan acara roadshow pagi itu, warga Nongsa yang membayar PBB-P2-nya di lokasi acara akan mendapatkan satu kupon doorprize dengan hadiah menarik.

Jefridin berkesempatan mengundi satu kupon doorprize dengan hadiah satu unit sepeda. Menyemarakkan acara tersebut, warga Nongsa juga diajak mengikuti senam jantung sehat.

Sekretaris Bapenda Kota Batam, Aidil Sahalo mengungkapkan roadshow di Kecamatan Nongsa sudah berlangsung sejak Selasa 2 Mei 2023. Katanya, mendorong pendapatan ini salah satunya memberikan relaksasi berupa diskon.

“Untuk periode Januari-Maret ada diskon 10 persen dan sudah berakhir.

Periode kedua, masih berlanjut pemberian diskon sebesar 5 persen pada April sampai dengan Juni 2023,” sebutnya.

Baca Juga: Pemko Beri Diskon Pembayaran PBB P2, Pendapatan 3 Bulan Capai Rp50 M

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Asrul Rahmawati

BAGIKAN