Pemko Batam Gandeng Tiga Bank untuk Mudahkan Pendanaan UKM

pendanaan ukm batam
Sosialisasi dan silaturahmi pelaku IKM dna UKM di Batam, Kamis (22/2/2024). Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (gokepri.com) – Pemerintah Kota Batam menggandeng tiga bank untuk memberikan kemudahan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka mendorong kemajuan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Kepala Dinas Industri dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan 15 bank namun hanya 3 bank yang bisa memberikan kemudahan pinjaman KUR.

“Dari semua bank itu hampir lima belas bank sudah kami dikumpulkan ternyata ada tiga bank yang betul-betul murni memberikan kemudahan,” kata Gustian saat ditemui usai pembukaan Sosialisasi dan Silaturahmi Dekranasda bersama Pelaku IKM/UKM di Pasifik Hotel Kota Batam, Kamis, 22 Februari 2024.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Kemajuan Pelaku UKM di Kota Batam

Tiga diiantara bank itu yakni, Eximbank, Bank Sumut, dan Bank Riau Kepri (BRK). Dalam upaya mendukung pelaku IKM yang banyak melakukan ekspor, Eximbank menjadi salah satu pilihan utama dengan menawarkan prioritas ekspor dan suku bunga yang rendah.

Hal ini diharapkan dapat memudahkan proses pengiriman dan mendorong pertumbuhan pelaku IKM.

Selain itu, BRK dan Bank Sumut turut ambil bagian dalam memberikan dukungan kepada pelaku usaha. Bank Sumut menghadirkan aplikasi bernama Kedan untuk mempermudah pembelanjaan, terutama bagi PNS yang dapat melakukan pembelian ke pelaku IKM.

Pemerintah Kota Batam, di bawah arahan Wali Kota Batam, berperan aktif dalam membantu pelaku IKM. Gustian menyebutkan, Wali Kota Batam akan mengeluarkan surat yang memastikan bahwa pembelian bahan pokok dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

“Nah jadi di situ pelaku IKM ini nanti dia membuat (akun) aplikasi itu,” ujarnya.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kebutuhan pelaku IKM yang seringkali menghadapi kendala modal untuk memulai usaha setelah mengikuti berbagai pelatihan.

Dengan adanya dukungan dari bank dan pemerintah, diharapkan pelaku IKM dapat lebih mudah membuka usaha dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

“Nah inilah langkah-langkah yang kami lakukan,” ujarnya.

Setiap pelaku IKM dan UKM yang telah mengikuti pelatihan akan dibekali dengan sarana pendukung yaitu permodalan.

Sejalan dengan hal tersebut, Pimpinan Bank Sumut Cabang Kota Batam, Thomas Tarigan mengatakan komitmennya untuk mendukung kemajuan pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Batam.

Pimpinan Bank Sumut Cabang Kota Batam, Thomas Tarigan. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Thomas Tarigan mengatakan komitmen itu ditunjukkan dengan keikutsertaan Bank Sumut memberikan kemudahan pinjaman KUR dalam sosialisasi Pelaku IKM-UKM bersama Disprindag Kota Batam.

Thomas menyebut, Bank Sumut menyediakan kredit dengan dan tanpa agunan untuk pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di Kota Batam.

“Kami di Bank Sumut Cabang Batam juga bisa menyalurkan kredit yang tanpa agunan dengan kriteria tertentu jadi kami juga bisa men-support pertumbuhan ekonomi yang ada di Kota Batam,” kata Thomas, Kamis, 22 Februari 2024.

Dengan besaran dana KUR sesuai ketentuan bahwa kredit tanpa agunan itu ada di bawah Rp100 juta dan antara Rp100 juta – Rp500 juta menggunakan agunan.

Dalam catatannya, ada sebanyak 150 pelaku usaha kecil dan menengah binaan Bank Sumut di Kota Batam yang telah menerima dana KUR dengan pengelolaan dana sekitar Rp15 miliar.

Thomas mengatakan Bank Sumut memberikan kemudahan pelayanan dengan menghadirkan langsung petugas ke lokasi usaha.

“Karena keberadaan kami juga belum begitu lama di Kota Batam dengan adanya kegiatan ini kami berharap ini akan bertumbuh tiga atau empat kali lipat di tahun 2024,” katanya.

Selain itu, dalam program KUR, syarat utama yang perlu dipenuhi oleh pelaku usaha adalah memiliki usaha yang aktif dan pelaku usaha juga diwajibkan memiliki rekam jejak kredit yang baik, tanpa adanya kredit bermasalah.

“Jadi di sini kita juga akan menampilkan pengelolaan-pengelolaan market place yang dilakukan secara digital yang nanti akan langsung dipresentasikan atau disampaikan oleh pemimpin divisi dana dan jasa yang didatangkan langsung dari kantor pusat Medan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN