Pemerintah Dorong Kemajuan Pelaku UKM di Kota Batam

UKM di Batam
Wali Kota Batam Muhammad Rudi hadir dalam sosialisasi dan silaturahmi dengan UKM di Batam, Kamis (22/2/2024). Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (gokepri.com) – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menegaskan komitmennya untuk mendorong kemajuan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam sekaligus Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, menekankan pentingnya kemajuan usaha kecil dan menengah.

Hal ini disampaikan dalam acara Sosialisasi dan silaturahmi dengan pelaku IKM/UKM Kota Batam TA 2024 di Grand Ballroom Pasific Palace Hotel, Kamis, 22 Februari 2024.

Baca Juga: Marlin Dorong Pelaku IKM dan UMKM Daftar ke Dekranasda

Rudi menegaskan komitmennya untuk mendorong IKM/UKM di Batam agar mampu menciptakan produk unggulan dan terus berkembang. Dia menyatakan bahwa perkembangan IKM/UKM akan berdampak positif pada kemajuan ekonomi Batam, terutama dalam sektor pariwisata.

“Saya ingin semua pelaku usah berkembang. Saya ingin IKM/UKM di Batam maju dan bisa menciptakan produk unggulan,” ujar Rudi mengimbau.

Untuk itu, produk IKM dan UKM harus mendapat perhatian dan mendapat pendampingan yang serius. Ia mendorong, agar IKM/UKM ini terus berkembang terutama dalam pendanaan. Karena, modal ini sangat penting dalam mengembang usaha. Begitu, dunia digital yang harus dipelajari oleh pelaku usaha.

“Keberadaan IKM/UKM akan memberikan dampak pada kemajuan ekonomi Batam. Kami berharap, ke depan IKM/UKM makin berjaya dan makin diminati. Pemerintah akah terus berupaya membantu mulai dari perizinan, pelatihan, dan bahkan modal yang diperlukan,” kata Rudi lagi.

Sementara itu, Marlin Agustina mengajak pelaku IKM/UKM yang belum terdaftar di Dekranasda untuk segera mendaftar guna mendapatkan berbagai program dukungan dalam memajukan usaha mereka. Dia juga berharap agar IKM/UMKM dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan luar biasa.

“Banyak program di Dekranasda dalam memajukan IKM dan UKM, silakan daftarkan ke Dekranasda. Kami harapkan IKM dan UKM akan terus melaju dan lebih baik lagi ke depan,” imbuhnya.

Marlin juga menegaskan harapannya terhadap pelaku IKM/UKM untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional.

“Kami berharap ke depan IKM dan UKM bisa menghasilkan produk yang luar biasa. Saya berpesan semua pihak terus bekerja demi mewujudkan IKM dan UKM yang maju,” harap Marlin.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Gustian Riau menambahkan  kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan sektor IKM dan UKM.

Dalam kegiatan ini pihaknya menghadirkan sejumlah narasumber dan melibatkan tiga bank untuk membantu permodalan bagi IKM dan UKM yang membutuhkan.

“Kenapa kita melibatkan tiga bank yang bank daerah jadi gini, kami sudah merangkul semua bank bank mana yang cocok dengan pelaku IKM/UKM ini karena tidak semua bank yang ada bisa memberikan pinjaman KUR,” jelas Gustian.

Ia mengatakan ada seribu lebih pelaku IKM/UKM binaan Disperindag Batam yang ikut sosialisasi. Agenda ini, kata Gustian sangat penting karena banyak ilmu yang didapat terutama dalam pemasaran dan pemodalan.

“Pelatihan itu harus dibekali dengan sederhana pendukungnya dengan pemodalan dari pemerintah. Ini sangat penting bagi IKM/UKM dalam mengembangkan usahanya ke depan,” ucap Gustian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN