Pemilihan Model dan Media Pembelajaran Berdampak pada Hasil Belajar Peserta Didik

model dan media pembelajaran
Tania Pratiwi, S.Pd, Guru di SDN 002 Bengkong, Kota Batam bersama siswanya. Fptp: Dok. Pribadi

BELAJAR merupakan modal dalam membentuk peserta didik menjadi generasi bangsa yang cerdas. Satuan pendidikan tentu saja merupakan sarana yang diharapkan untuk dapat mewujudkan impian bangsa tersebut.

Sekolah dan guru adalah fasilitator yang berpotensi besar untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan diri terutama pada minat belajar peserta didik.

Kendati demikian persoalan yang serupa banyak dihadapi oleh para guru salah satunya adalah tidak tepat dalam memilih model dan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didiknya.

Hal tersebut bukalan masalah tanpa dasar, jika diperhatikan lebih jauh kita akan menemukan beberapa persoalan mendasar diantaranya penggunaan media pembelajaran yang belum menarik minat peserta didik serta peserta didik jenuh dengan metode belajar yang monoton, dan variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran tidak beragam sesuai kebutuhan peserta didik.

Langkah efektif perlu diambil, guna mengatasi persoalan hasil belajar peserta siswa yang rendah dengan menganalisis karakteristik belajar peserta didik sehingga pendidik dapat menentukan model pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dan hasil belajar yang maksimal.

Berbagai model pembelajaran bisa diaplikasikan dalam kegiatan belajar misalnya model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran PjBL, model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran lainnya yang relevan sesuai dengan kondisi peserta didik.

Selain itu model pembelajaran yang digunakan seharusnya beririsan dengan media pembelajaran yang inovatif yang akan berdampak pada tertariknya perhatian dan minat belajar peserta didik, yang bukan hanya sebagai alat bantu dalam belajar namun juga menjadi pengalaman belajar yang bisa diresapi peserta didik.

Dengan demikian peserta bukan hanya melihat, mendengar dan menghafal namun memahami materi yang diberikan serta mendapat manfaat pembelajaran, kemudian peserta didik akan mengikuti setiap tahap kegiatan pembelajaran dengan bersemangat.

Selain itu kepercayaan diri peserta didik meningkat, hasil dari tugas yang diberikan tercapai sesuai tujuan, kesesuaian kegiatan pembelajaran yang direncanakan pada perangkat pembelajaran dan keadaan riil nya dan tentu saja akan berakhir dengan hasil belajar yang baik.

)*Tania Pratiwi, S.Pd, Guru di SDN 002 Bengkong, Kota Batam

BAGIKAN