Pemerintah Targetkan Travel Bubble Dibuka Juli

Wisatawan mancanegara

Batam (gokepri.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus mendorong vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. Satu bulan ke depan ditargetkan 70 persen masyarakat Batam harus sudah menjalani vaksinasi.

Wali Kota Batam, Muuhammad Rudi mengatakan vaksinasi Covid-19 saat ini tidak hanya menyasar kepada pegawai pemerintah atau pelayan publik saja. Tapi harus sudah menyasar kepada seluruh elemen masyarakat.

“Target kita Juli sudah harus 70 persen masyarakat Batam yang divaksin,” kata Rudi, Kamis (10/6/2021).

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah. Hal itu semua dilakukan tidak lain adalah untuk dapat menekan angka penyebaran Covid-19.

Pemerintah rencananya juga akan membuka travel bubble pada Juli mendatang, Kota Batam menjadi salah satu kota prioritas program ini. Selain itu juga ada Bintan dan Bali.

“Travel bubble bisa dibuka, tapi syaratnya minimal harus 70 persen masyarakatnya sudah divaksin,” katanya.

Rudi berharap dengan adanya travel bubble nantinya dapat mendorong sektor pariwisata yang saat ini sedang terpukul dampak Covid-19. Sehingga tentunya dapat mendorong percepatan ekonomi Kota Batam.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyebutkan, jika sebelumnya terhitung sejak Jumat (4/6/2021) pekan lalu ditargetkan 50 ribu dalam 10 hari. Kini, target tersebut semakin ditingkatkan. Hal ini seriring, keputusan rapat Pemrov Kepri dan pemerintah pusat bahwa kategori penerima vaksin diperluas.

“Penerima vaksin tidak lagi dibatasi dalam tiga kategori seperti yang kita ketahui (tenaga kesehatan, lanjut usia dan pelayanan publik),” ucap Amsakar.

Ia menyebutkan Batam menargetkan 70 persen atau 600 ribu lebih warga divaksin. Selain karena alasan utama pencegahan Covid-19, capaian vaksinasi 70 persen merupakan syarat penerapan kebijakan sektor pariwisata yakni travel bubble atau gelembung koridor perjalanan.

“Sembari vaksinasi ini terus dilakukan, laporan capaian terakhir yang saya dapatkan bahwa 123 ribu warga Batam telah divaksin,” ungkap dia.

(ard)

| Baca Juga : 750 Pegawai dan Keluarga Divaksin

BAGIKAN