Pelabuhan Batuampar Akan Ujicoba TPS Online

Ekosistem logistik batam
Pelabuhan Batuampar, Pulau Batam. (foto: Ocean Week)

Batam (gokepri.com) – Pelabuhan Batuampar akan mengujicoba sistem tempat penimbunan sementara (TPS) Online dan Auto Gate System, Selasa (12/1/2021) hari ini. Ujicoba ini meliputi pertukaran data sistem IT TPS Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan Auto Gate System. Serta ujicoba sistem IT TPS BP Batam dengan TPS Online Bea Cukai.

“Ini merupakan improvement yang luar biasa dari pemasangan instalasi Auto Gate System dan TPS Online. Sistem ini diimplementasikan untuk mendukung perbaikan sistem logistik nasional,” ujar Kasubag Dukungan Teknis Bea Cukai Batam, Hery Rusdaman.

Menurut Hery, pengembangan Batam Logistic Ecosystem (BLE) semakin menunjukkan langkah progresif dengan penerapan infrastruktur penunjang, TPS Online dan Auto Gate System. Instalasi Auto Gate System ini sudah terpasang di Pelabuhan Batuampar. Sedangkan untuk mandatory TPS Online dijadwalkan pada 1 Januari 2021 dan mandatory Auto Gate System pada 1 Juli 2021.

“Semoga ujicoba dapat berhasil dan berjalan dengan lancar,” harapnya.

Selain Sistem TPS Online dan Auto Gate System, platform trucking juga merupakan infrastruktur penunjang lainnya dari BLE. Melalui platform trucking diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha dalam mencari dan memesan jasa trucking serta transparansi harga lebih terbuka.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menerbitkan dua peraturan untuk mendukung implementasi ekosistem logistik nasional. Peraturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 108/PMK.04/2020 dan PMK 109/PMK.04/2020. Batam akan menjadi kawasan percontohan implementasi, karena dinilai memiliki kesiapan dari segi infrastruktur, sistem, serta diseminasi informasi.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai, I Sumarna, PMK 108/PMK.04/2020 pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah pelaku usaha. Di antaranya seperti menghilangkan kewajiban penyampaian laporan bongkar oleh pengangkut dan simplifikasi proses perizinan bongkar/timbun di luar kawasan. Selain itu, untuk perluasan izin bongkar dan izin timbun di luar kawasan. (wan)

BAGIKAN