Nongsa Digital Park Bangun Jaringan Fiber Optik

Nongsa digital park fiber optik
Groundbreaking pembangunan jaringan fiber optik di kawasan Nongsa Digital Park, Batam, Rabu 21 Juni 2023. Foto: gokepri/Engesti

Batam (gokepri) – Nongsa Digital Park (NDP) mulai membangun jaringan fiber optik guna memperkuat infrastruktur digital di wilayah tersebut. Langkah ini diambil untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung perkembangan industri digital di Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa.

Pemasangan kabel optik yang memakan biaya sebesar USD3 juta, diharapkan dapat memberikan kecepatan akses data yang tinggi dan stabil bagi bisnis yang beroperasi di kawasan tersebut.

Sebelumnya, Kawasan NDP selalu mengalami kendala daya dalam melakukan penyimpanan dan kegiatan digital. Oleh karena itu, instalasi jaringan serat optik dianggap penting untuk memperkuat konektivitas dan memfasilitasi pertumbuhan kawasan tersebut.

CEO Nongsa Digital Park, Mike Wiluan, menjelaskan jaringan serat optik ini akan menjadi tulang punggung infrastruktur digital di NDP.

“Kami mulai memasang instalasi jaringan fiber optik untuk sistem di dalam NDP agar networking di kawasan ini dapat berjalan lancar. Dengan kehadiran beberapa data center yang akan datang dan pertumbuhan yang cepat, konektivitas menjadi sangat penting,” ujar Mike Wulian pada Rabu, 21 Juni 2023.

Pemasangan jaringan serat optik ini diharapkan mampu membuka peluang baru bagi perusahaan teknologi, kegiatan penelitian dan pengembangan, pelatihan vokasi, pusat data, serta startup untuk berkembang di NDP. Selain itu, kecepatan akses data yang tinggi akan mendukung kelancaran operasional bisnis di Kawasan NDP.

Mike juga menegaskan peningkatan infrastruktur digital di Batam merupakan prioritas utama. Selain pemasangan jaringan serat optik, NDP juga berencana untuk memperkuat infrastruktur air dan listrik. Ia menargetkan penyelesaian pemasangan kabel optik sepanjang 5 kilometer pada akhir tahun 2024. Saat ini, telah ada tiga data center yang dibangun di kawasan tersebut, sementara enam data center lainnya masih dalam tahap pembangunan.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, menyatakan dukungannya terhadap pemasangan kabel optik di Kawasan NDP. BP Batam berperan aktif dalam membangun infrastruktur, termasuk jalan dan saluran air, guna mendukung pengembangan data center yang optimal.

“BP Batam sepenuhnya mendukung inisiatif ini. Kami tidak hanya membuka infrastruktur jalan, tetapi juga membangun saluran air. Tanpa infrastruktur yang memadai, pembangunan data center tidak dapat berjalan dengan maksimal,” ujar Muhammad Rudi.

BP Batam juga mendorong minat investor untuk berinvestasi di Batam dan mendukung pengembangan infrastruktur secara bertahap. Komitmen ini diambil dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam. Muhammad Rudi menegaskan bahwa mereka siap membangun apa pun yang menjadi kepentingan investasi di wilayah tersebut, terutama dalam hal Fiber Optic Network.

Dengan pemasangan jaringan serat optik yang telah dimulai, Kawasan Nongsa Digital Park diharapkan dapat menjadi pusat teknologi yang berkembang pesat dan mendukung transformasi digital di Batam. Dengan konektivitas yang lebih kuat dan infrastruktur yang semakin baik, para pelaku industri dan perusahaan teknologi di kawasan ini akan memperoleh keuntungan besar dalam menjalankan operasional mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti