Muhammad Nizar-Neko Wesha Pimpin Kabupaten Lingga

Nizar neko lingga
Kantor KPU Lingga. (foto: gokepri/tam)

Lingga (Gokepri.com) – Pasangan Muhammad Nizar-Neko Wesha Pawelloy segera dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Lingga yang baru. Pasangan ini akan memimpin Kabupaten Lingga hingga untuk empat tahun ke depan.

Kepastian ini didapat setelah Mahkamah Konstitusi menolak permohonan gugatan pasangan calon Ishak-Salmizi.

Setelah putusan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lingga segera menggelar rapat penetapan Muhammad Nizar-Neko Wesha Pawelloy sebagai kepala daerah terpilih.

“Insyaalah, kalau tidak ada halangan hari Jumat, 19 Februari 2021. Kami akan menggelar rapat pleno penetapan calon terpilih,” kata Ketua KPU Lingga, Juliyati Rabu (17/02/2021).

Untuk mengantisipasi lonjakan di saat rapat pleno nanti, KPU akan meminta bantuan kepolisian untuk pengamanan.

“Juga sesuai prosedur protokol kesehatan di tengah pandemi, kami akan membuat batasan jumlah peserta,” ucapnya.

Dalam putusan nomor 23/PHP.BUP-XIX/2021 melalui akun YouTube Mahkamah Konstitusi (MK), yang dibacakan oleh Hakim MK, Anwar Usman, mengatakan eksepsi dari pemohon dan eksepsi dari pihak terkait tidak beralasan menurut hukum.

Dalam sidang tersebut terungkap bahwa pengajuan permohonan yang berlaku, dimana pasangan nomor 1 Ishak-Salmizi mengajukan permohonan melebihi batas waktu yang telah ditetapkan, yaitu tiga hari setelah pengumuman hasil perolehan suara.

Dalam Pilkada Lingga, Paslon nomor urut 1 Ishak-Salmizi mendapatkan perolehan 21.533 suara, sedangkan nomor urut 2 Riki Syolihin-Raja Supri (2HRS) hanya memperoleh 10.618 suara. Kemudian, nomor urut 3 Nizar-Neko memperoleh 22.549 suara.

(Tam)

|Baca Juga: Lewati Tenggang Waktu, MK Tolak Permohonan Ishak-Salmizi di Pilkada Lingga

BAGIKAN