MTQH X Provinsi Kepri Resmi Dibuka, Ada 11 Cabang Perlombaan

Pembukaan MTQH X Provinsi Kepri di Dataran Engku Putri, Senin (20/5/2024) malam. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (gokepri.com) – Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) X tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) resmi dibuka oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Astaka Utama Dataran Engku Putri, Kota Batam, Senin, 20 Mei 2024 malam.

Pembukaan MTQH X Provinsi Kepri ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Ansar, didampingi oleh Ketua TP-PKK Kepri, Wakil Gubernur Kepri selaku Ketua LPTQ, Bupati dan Walikota se-Kepri, Forkopimda, Ketua Dewan Hakim dan Ketua Panitia Pelaksana.

Acara pembukaan juga diawali dengan pawai taaruf seluruh kafilah dari tujuh kabupaten dan kota se-Kepri. Selain itu juga turut dimulai dengan sari tilawah oleh qori asal Tanzania, Afrika, Ustad Eidi Shaban yang dikenal sebagai qori dengan nafas terpanjang di dunia.

Baca Juga: MTQH X Kepri Digelar 8 Hari, Bakal Dibuka Gubernur Ansar

Gubernur Ansar menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Batam yang telah berkenan menjadi tuan rumah MTQH X.

Ansar juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pimpinan daerah di tingkat kabupaten dan kota yang turut serta membawa seluruh kafilahnya dalam semua kegiatan.

“Terima kasih juga disampaikan kepada ketua LPTQ, ibu Wakil Gubernur beserta jajaran LPTQ Kepri yang bertungkus lumus bekerja bersama-sama mempersiapkan MTQH X ini. Mudah-mudahan menjadi amal ibadah yang soleh,” kata Ansar dalam sambutannya.

Walikota Batam Muhammad Rudi menyerakan piala juara umum MTQH Kepri IX yang dipegang Kota Batam kepada Gubernur Kepri. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Ansar juga meminta para dewan hakim untuk bisa memberikan penilaian yang objektif. Menurutnya penilaian yang objektif dari dewan hakim akan melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas dan bisa mengantarkan Kepri mendulang prestasi pada MTQH Nasional di Bulan September mendatang.

“Kami berpesan kepada para dewan hakim kiranya dapat memberikan nilai yang sebaik-baiknya, secara objektif, agar kita bisa menghasilkan qori dan qoriah terpilih yang berkualitas yang nanti bisa menjadi duta Provinsi Kepri di ajang MTQH yang akan diselenggarakan pada bulan September yang akan datang,” jelas Ansar.

Ansar juga mengatakan agar acara MTQH ini tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan seremonial belaka. Ia mendorong masyarakat untuk terus membaca Alquran dan mengamalkannya.

“Namun mari kita dorong masyarakat untuk terus membaca mendalami Alquran dan menginternalisasi nilai-nilai Alquran di tengah tengah masyarakat kita,” kata Ansar.

Untuk diketahui MTQH X Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2024 yang dipusatkan di Kota Batam akan diselenggarakan selama 8 hari terhitung mulai tanggal 20 sampai dengan 27 Mei 2024.

Pagelaran MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024 akan melombakan sebelas cabang lomba, di antaranya Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Qira’at Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ), Eksibisi, Musabaqah Al-Hadits, dan Rebana.

Adapun venue pelaksanaan selain di astaka utama Dataran Engku Putri Batam Center, juga akan dilaksanakan di Masjid Tanjak Batam, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, SMPN 31 Batam, Politeknik Batam, One Mall Batam, Mega Mall Batam, dan Gedung LAM Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN