Manfaat Vaksin PVC, Dibutuhkan Orang dengan Imun Lemah

manfaat vaksin pvc
Ilustrasi. Vaksin PVC bermanfaat untuk orang tua dengan imun lemah. Foto: Freepik.com

Batam (gokepri.com) – Pneumoccal Conjugate Vaccine (PVC) memiliki manfaat bagi orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan atau imun tubuh lemah. Vaksin ini berguna untuk mencegah pneumonia.

Praktisi kesehatan dr. Arnold Soetarso, Sp.A mengatakan PCV diberikan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae yang sering menjadi penyebab pneumonia atau infeksi peradangan paru.

“Vaksin disarankan untuk orang dewasa yang memiliki keadaan khusus atau immunocompromised seperti orang dewasa dengan penyakit diabetes, jantung, kanker atau pun orang yang lanjut usia,” ujarnya, Senin 20 Mei 2024.

Baca Juga: Melindungi Perempuan Indonesia dari Kanker Serviks, Vaksin HPV Gratis Diperluas

Menurut dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) itu, agar vaksin efektif untuk mencegah infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae maka harus mendapatkan vaksin PPSV23 setiap lima tahun sekali.

PPSV23 (Pneumococcal Polysaccharide Vaccine) merupakan jenis vaksin yang diberikan pada mereka dengan risiko tinggi terkena infeksi pneumokokus seperti pneumonia.

“Tidak ada dampak buruk pada pemberian lebih dari satu kali suntikan karena dengan pemberian lebih dari suntikan, diharapkan imunitas atau antibodi yang ditimbulkan akan lebih meningkat,” ujar Arnold.

Namun demikian memang terdapat kontraindikasi pemberian vaksin PCV, yakni pada pasien yang pernah mengalami reaksi alergi atau anafilaksis pada pemberian vaksin PCV sebelumnya.

Selain orang dewasa, anak termasuk kelompok usia yang perlu mendapatkan PCV. Penyuntikan imunisasi PCV diberikan pada usia 2 dan 3 bulan sebagai imunisasi dasar, kemudian pada usia 12 bulan sebagai imunisasi lanjutan.

Penyuntikan diberikan bersamaan dengan imunisasi DPT-HB-Hib, polio tetes dan rotavirus. Khususnya imunisasi DPT-HB-Hib, diketahui dapat mencegah penyakit pneumonia yang disebabkan virus Haemophilus influenzae tipe b.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN