Manchester United Pertahankan Erik Ten Hag

manchester united ten hag
Erik Ten Hag saat perayaan Manchester United juara Piala FA 2024. Foto: Reuters/Hannah McKay

MANCHESTER, INGGRIS (gokepri) – Erik ten Hag dipastikan tetap menjadi manajer Manchester United untuk musim depan. Pelatih asal Belanda itu bahkan telah memasuki pembicaraan dengan klub berjuluk Setan Merah tersebut terkait perpanjangan kontrak.

Keputusan ini diambil meski United finis di peringkat kedelapan klasemen Liga Inggris, capaian terburuk mereka sepanjang sejarah keikutsertaan di kompetisi tersebut. Kepastian ini muncul setelah dewan direksi United menggelar evaluasi akhir musim untuk kampanye 2023-2024.

Baca:

Musim tersebut ditutup dengan raihan positif berupa kemenangan mengejutkan di final Piala FA atas Manchester City yang difavoritkan. Kontrak Ten Hag saat ini berlaku hingga akhir musim depan, dengan opsi perpanjangan selama 12 bulan berikutnya. Mantan pelatih Ajax Amsterdam tersebut sempat mendapat tekanan besar setelah United, peraih gelar juara Liga Inggris sebanyak 20 kali, mengalami awal musim terburuk sejak 1962-1963, dengan delapan kekalahan dalam 15 pertandingan di semua kompetisi.

Mereka mengakhiri musim di peringkat kedelapan setelah menelan 14 kekalahan dalam 38 pertandingan liga dan tersingkir di fase grup Liga Champions. Keamanan pekerjaan Ten Hag menjadi spekulasi sepanjang musim, dengan banyak pengamat yang meyakini final Piala FA akan menjadi pertandingan terakhir sang pelatih bersama tim, terlepas dari hasil yang diraih.

Namun, beberapa saat setelah kemenangan dramatis mereka, pria berusia 54 tahun itu menegaskan keyakinannya untuk tetap bertahan. Ia mengaku mendapat dukungan penuh dari pemilik klub sepanjang musim.

“Saya tengah berada dalam sebuah proyek dan kami berada tepat di jalur yang kami inginkan. Kami sedang membangun sebuah tim. Ketika saya mengambil alih, United berada dalam kekacauan, dan kami sedang dalam perjalanan membangun tim untuk masa depan,” ujarnya kepada wartawan di Wembley.

“Tim ini berkembang, tim ini menang, dan tim ini juga bermain dengan identitas. Untuk bisa bermain, Anda harus siap diturunkan, Anda membutuhkan skuad yang kuat di sepak bola papan atas, terutama ketika Anda bermain di Inggris. Liga Inggris sangat kompetitif.”

GANGGUAN CEDERA

Ten Hag menyoroti banyaknya pemain United yang mengalami cedera musim lalu, terbanyak di antara tim-tim Liga Inggris lainnya, dan terkonsentrasi di posisi-posisi kunci seperti bek tengah. Ia juga berbicara tentang musim yang gemilang para pemain muda seperti gelandang Kobbie Mainoo, yang menjadi bagian dari skuad Inggris di Euro 2024 di Jerman, dan pemain sayap Argentina Alejandro Garnacho.

Dalam dua musim kepemimpinan Ten Hag, United telah bermain di tiga final Wembley dan mengangkat dua trofi, setelah sebelumnya menjuarai Piala Liga musim lalu.

Laporan media menyebutkan bahwa semua kemungkinan dipertimbangkan dalam evaluasi pasca-musim klub, dan preferensi yang jelas adalah agar Ten Hag tetap bertugas di Old Trafford. Beberapa pelatih yang dikaitkan dengan pekerjaan tersebut sebagai pengganti potensial adalah Thomas Tuchel dan pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate.

Ten Hag merupakan manajer tetap kelima United sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013. Klub tersebut masih mencari sosok yang dapat membawa mereka kembali ke masa kejayaan. Musim debutnya, Ten Hag membawa United finis di peringkat ketiga klasemen liga. REUTERS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News