Liga Premier Bakal Digelar Tanpa Penonton

London (gokepri.com) – Keberlangsungan Liga Premier musim ini akhirnya menemui titik terang. Badan Liga Inggris sebagai operator kompetisi (EFL) dikabarkan tengah menyusun rencana kompetisi dalam beberapa pekan ke depan akan dilanjutkan. Dilansir dari The Sun, syarat pertama yang tak boleh dilanggar adalah laga tanpa kehadiran penonton.

Sejak ditunda pada 13 Maret lalu, dinamika mulai terjadi disana-sini. Mulai dari sejumlah pemain bintang terpapar korona hingga pemotongan gaji. Kendati tanpa penonton, setiap match bakal disiarkan secara gratis, bukan melalui televisi berbayar tapi televisi swasta yang tayang free to air. Untuk rencana ini, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson yang baru sembuh dari Covid-19 sudah diberitahu rencana tersebut hingga aturan lockdown rampung 7 Mei mendatang.

“Pemerintah Inggris tentu berharap Premier League musim ini menghibur masyarakat Inggris yang tengah menjalani karantina mandiri hampir sebulan penuh,” tulis The Sun.

Meski diberi ruang sekalipun. Keamanan tetap menjadi nomor satu. Pihak penyelenggara (EFL) mewajibkan klub mematuhi lima syarat yang harus dipenuhi. Selain aturan jaga jarak sosial, semua pemain dan staff wajib mengikuti tes kesehatan berkala baik sebelum laga maupun dalam latihan. “Tes Covid massal akan kami lakukan dan ini tegas. Prioritas kami melanjutkan musim ini agar semuanya pun patuh terhadap instruksi. Kesehatan dan keselamatan negara adalah yang pertama,” bunyi rilis EFL, dilansir dari The Guardian.

“Kami ingin siaran langsung olahraga di televisi secepat mungkin. Itu akan memberi seluruh negara semangat yang besar,” ujar seorang sumber di Pemerintahan Inggris.

“Memang masih tanpa penonton, tapi untuk mempertimbangkan suporter kembali ke stadion itu adalah syarat yang nekat. Akan tetapi, ini harus dilanjutkan,” lanjut sumber tersebut. (wan)

BAGIKAN