Layanan Keimigrasian di Batam Kena Imbas Gangguan Server PDN

layanan keimigrasian di batam
Suasana di ruang pelayanan Imigrasi Batam, Jumat (21/6/2024). Foto: Gokepri.com/Engesti

BATAM (gokepri.com) – Gangguan sistem pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo berimbas pada layanan keimigrasian di seluruh Indonesia. Termasuk Batam.

Sistem keimigrasian mengalami kendala, sehingga berakibat pada lambatnya proses pelayanan di kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian, dan tempat pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan.

Kasi Intaltuskim Imigrasi Batam Gandha Lawrentcius Nadeak membenarkan gangguan sistem tersebut berimbas pada layanan keimigrasian. Namun pihaknya dapat mengantisipasi sehingga pelayanan paspor bisa teratasi.

Baca Juga: Imigrasi Batam Luncurkan Inovasi Layanan Terbaru

“Pada saat pengambilan sidik jari itu masih bisa kita lakukan namun pada saat cetak paspor dan langkah berikutnya itu terkendala, karena kami menetapkan empat hari kerja sehingga persoalan gangguan tersebut dapat teratasi,” ujarnya.

Ia mengaku, sampai hari ini belum mengalami kendala apapun. Namun jika sistem pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo masih mengalami gangguan selama beberapa hari tentu akan berimbas pada pelayanan keimigrasian.

“Kalau sampai 4 hari ini masih aman. Cuma kalah lewat dari itu kami tidak bisa berikan komentar,” kata dia, Jumat 21 Juni 2024.

Sementara itu, d Bandara Hang Nadim, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah menyebut pelayanan imigrasi di bandara masih aman terkendali.

“Untuk pelayanan penumpang penerbangan internasional di Bandara Hang Nadim Batam masih aman terkendali,” ujarnya, Jumat 21 Juni 2024.

Sebelumya dalam keterangan resmi nya, Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, menjelaskan bahwa pihaknya sedang berupaya keras untuk memulihkan sistem dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” ujar Silmy dalam keterangan resmi.

Bagi masyarakat yang hendak melakukan penerbangan internasional, Silmy mengimbau agar datang lebih awal ke bandara untuk mengantisipasi proses pemeriksaan imigrasi yang mungkin lebih lama.

Meskipun sistem terkendala, petugas imigrasi tetap akan melayani penumpang seoptimal mungkin agar mereka dapat berangkat sesuai jadwal.

Sementara itu, untuk layanan di kantor imigrasi, Silmy menyampaikan bahwa masyarakat yang sudah terjadwal untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor hari ini tetap akan dilayani seperti biasa.

Namun, permohonan percepatan paspor satu hari jadi untuk sementara tidak dapat dilayani dan akan kembali beroperasi setelah sistem normal.

Ditjen Imigrasi akan terus memantau perkembangan situasi dan akan segera menyampaikan informasi kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti Fedro

BAGIKAN