Lampu Jalan di Batam Banyak Mati,  Kabel PJU Sering Dicuri

Pencurian PJU di Batam
Pencurian kabel dan tiang fasilitas lampu penerangan jalan umum (PJU) di Batam marak. Komponennya diduga diperjualbelikan. Foto: Dok. Dinas Bina Marga dan SDA Kota Batam.

BATAM (gokepri.com) – Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Batam disebut banyak yang rusak dan mati. Pengguna jalan mengeluh lantaran pandangan saat berkendara di malam hari jadi terbatas.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam Suhar mengungkapkan, penyebab utama matinya lampu jalan tersebut  karena banyaknya kabel Penerangan Jalan Umum (PJU) yang dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Pelaku banyak yang memotong kabel yang sudah di pasang,” kata dia, Rabu 10 Juli 2024.

Baca Juga: Kapolresta Barelang: Kami Buru Pencuri Lampu Jalan

Ia mengaku telah menerima banyak laporan dari warga terkait lampu jalan yang tidak berfungsi di beberapa kawasan. Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan bahwa kabel PJU di lokasi-lokasi tersebut telah dicuri.

Beberapa lokasi PJU yang mati di antaranya di Jalan Panglima Sudirman tepatnya di depan Legenda Malaka. Lalu di jalan Raja Isa depan Kawasan Industri Executive – Kawasan Industri Tunas serta beberapa titik jalan protokol dan jalan lingkungan.

“Di sana memang banyak yang mati,” kata dia.

Meski begitu, PJU di Raja Isa depan Kawasan Industri Executive serta beberapa titik PJU Legenda Bali sudah secara bertahap mulai dikerjakan tim PJU. Namun setelah diperbaiki malah dicuri kembali oleh oknum tak bertanggungjawab

“Di Executive menuju ke depan gedung LAM misalnya, setelah kita perbaiki, dipotong lagi dan setelah kami cek ke lokasi masih ada alat menggantung punya maling tertinggal di cover PJU,” sebutnya.

Menurut dia, aksi pencurian kabel PJU ini menyulitkan tim untuk memperbaiki. Sebab, kabel dipotong pendek dari dalam PJU sehingga untuk perbaikan membutuhkan waktu dan material komponen PJU.

“Coba perhatikan kabel putih, itu yang dipotong jadi menyulitkan untuk diperbaiki. Anggota lagi perbaikan bertahap di depan Legenda Bali, ” kata dia.

Pencurian kabel PJU ini, tidak hanya menimbulkan kerugian materi saja, namun masyarakat juga akan terganggu. Pasalnya jalan akan menjadi gelap karena tak ada lampu penerangan. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan pemantauan pencurian kabel.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta dalam menjaga fasilitas umum dengan segera melaporkan jika melihat aktivitas mencurigakan di sekitar PJU.

“Ya itulah, akhirnya banyak yang dirugikan, ” kata dia.

Warga Batam berharap agar masalah ini dapat segera teratasi dan lampu jalan yang mati dapat kembali berfungsi dengan baik. Siti, salah satu warga, mengaku khawatir dengan kondisi jalan yang gelap.

“Jalan di sekitar rumah saya jadi gelap dan rawan kecelakaan karena lampu jalannya mati. Kami berharap pemerintah segera memperbaiki lampu jalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN