KULIAH UMUM SOERYA RESPATIONO: SDM Kepri Hebat-Hebat, Pendidikan Nomor Satu

soerya respationo
H Muhammad Soerya Respationo SH MH, Dosen Program Pascasarjana, Magister Ilmu Hukum di Universitas Batam (Uniba), memberikan kuliah umum secara virtual kepada mahasiswa S2 Hukum Uniba, Sabtu (17/10/2020). (foto: Istimewa/gokepri)

Batam (gokepri.com) – Aktivitas sebagai dosen membuat Dr H Muhammad Soerya Respationo SH MH, bersemangat. Ia selalu menyediakan waktu untuk urusan pendidikan. Soerya percaya pendidikan bisa mengubah Kepri jadi lebih baik.

“Bagi saya pendidikan itu nomor satu,” kata Soerya, Sabtu (17/10/2020).

Soerya baru selesai memberi kuliah umum kemudian melanjutkan pembicaraan tentang pendidikan. Ia memberi Kuliah Sejarah Hukum secara virtual kepada mahasiswa S2 Hukum Universitas Batam (Uniba) dari Perumahan Duta Mas, Batam. Pada kesempatan ini, Soerya menyampaikan materi “Sejarah Hukum”.

Komitmen Dr HM Soerya Respationo SH MH untuk pendidikan tinggi sangat besar. Selalu ada waktu bagi program-program yang membangun keunggulan sumber daya manusia di Kepri. Baik memberi ilmu, maupun kebijakan dan dukungan fasilitas melahirkan SDM unggul.

“Sejak dulu komitmen itu sudah tertanam dalam diri saya. Tidak ada anak Kepri yang tak sekolah itu menjadi program. Dengan pendidikan semuanya akan berubah menjadi lebih baik,” kata Soerya.

Meski dipadatkan dengan aktivitas sosialisasi untuk pilkada 9 Desember 2020, Soerya tetap melaksanakan tanggung jawabnya sebagai Dosen Program Pascasarjana, Magister Ilmu Hukum di Universitas Batam (Uniba).

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka proses mengajar ini, dilangsungkan secara daring (Online) di tempat terpisah. Soerya yang memang masih aktif mengajar itu memperkuat komitmennya untuk terus berkontribusi pada Pendidikan perguruan tinggi di Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam pemaparan materi kuliahnya, Soerya Respationo turut didampingi oleh Prof. Dr. Ir Jemmy Rumengan S.E., S.H., M.M (Pengawas Yayasan Griya Husada), Dr Mohamad Gita Indrawan, S.T.m M.M (Wakil Rekotr IV Universitas Batam), dan perkuliahan daring ini dimoderatori oleh Dr. fadlan S.H., M.H (Kaprodi S2 Hukum Universitas Batam).

Sebelumnya, Soerya Respationo yang juga merupakan Ketua Senat Uniba membuka secara resmi pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) Universitas Batam, di studio auditorium Uniba, Kamis (15/10), kegiatan terebut juga dilaksanakan secara daring.

Komitmen Soerya terhadap pendidikan pun juga untuk pendidikan dasar dan menengah.

“Saya yakin SDM Kepri akan semakin berkualitas dan berdaya saing. Termasuk bersaing di tingkat global karena mereka memang hebat-hebat,” kata Soerya.

Pada kesempatan itu, Jemmy Rumengan pun menyampaikan salut dengan komitmen Soerya. Karema di tengah kesibukannya, mengaja adalah hal yang selalu diprioritaskan. Bahkan Soerya berperan aktif untuk mengajar ilmu.

“Bahkan Romo selalu hadir untuk mengisi sesi perkuliahan, kita sangat mengapresiasi dedikasi beliau dalam pendidikan, terkusus pada dunia pendidikan perguruan tinggi,” ucap Jemmy Rumengan, sebelum memulai sesi perkuliahan.

Tak lupa Soerya Respationo menitip pesan kepada seluruh civitas akademika Uniba untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktifitas. serta semakin peduli terhadap kesehatan diri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. (eri)

Editor: Candra Gunawan

Baca Juga:

BAGIKAN