KPU Natuna Rekrut 88 Petugas Pantarlih untuk Hinterland

petugas pantarlih natuna
Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Natuna Bahrul Amin (tengah). Foto: ANTARA

Natuna (gokepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna merekrut sebanyak 88 orang petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk Pilkada 2024 di hinterland atau pulau penyangga. Pantarlih bertugas melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk Pilkada.

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Natuna Bahrul Amin mengatakan pulau-pulau penyangga tersebut, antara lain Pulau Sedanau, Pulau Selaut, Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat, Pulau Midai, Pulau Laut, Pulau Serasan, Pulau Batu Berlian, Pulau Subi, Pulau Subi Besar, Pulau Panjang, Pulau Kerdau, dan Pulau Seluan.

Dia mengatakan total jumlah petugas Pantarlih yang dibutuhkan di Natuna sebanyak 214 orang, dan proses perekrutan petugas tersebut mulai 13-19 Juni 2024.

Baca Juga: KPU Natuna Rekrut Ulang Badan Adhoc untuk Pilkada 2024

“Mereka akan direkrut oleh panitia pemungutan suara (PPS) di setiap wilayah masing-masing,” kata Bahrul Amin, Senin 10 Juni 2024.

Perekrutan dilakukan secara terbuka dan transparan. Masyarakat Natuna pun diminta untuk mendaftarkan diri. Namun bagi para peserta Pemilu 2024 tidak diperbolehkan mendaftar.

“Saksi partai dan eks saksi partai pemilu 2024 juga tidak boleh ikut, kecuali aparat sipil negara (ASN) diperbolehkan,” ujar dia.

Anggota Pantarlih ini akan bekerja selama satu bulan dengan honor sebesar Rp1 juta. “Tugas mereka akan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih yang sudah diterima dari Kemendagri,” ujarnya. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN