KPU Batam Resmikan Pilwako, Ajak Warga Kolaborasi Sukseskan Pemilihan

pilwako batam
KPU simulasi pencoblosan dalam peluncuran Pilwako Batam di Harbour Bay Downtown, Batam, Sabtu (18/5/2024). Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (gokepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam secara resmi meluncurkan Pemilihan Kepala Daerah Kota Batam di Harbour Bay Downtown, Kota Batam, Sabtu, 18 Mei 2024 malam.

Ketua KPU Kota Batam, Mawardi mengatakan acara ini menjadi penanda dimulainya proses pemilihan yang akan memilih Walikota dan Wakil Walikota Batam. Ia menyebut peluncuran ini juga sebagai momentum sosialisasi kepada masyarakat.

“Peluncuran ini menjadi momentum bagi semua pihak, baik penyelenggara, peserta pemilu, maupun masyarakat, untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2024,” kata Mawardi.

Baca Juga: Tak Ada Calon Independen di Pilwako Batam 2024

Mawardi juga menjelaskan beberapa tahapan persiapan sudah berjalan dan hampir memasuki tahap akhir, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024.

“Tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih akan dilaksanakan di akhir Mei,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau, Indrawan Susilo Prabowoadi, menegaskan kesiapan KPU Kota Batam dalam melaksanakan pemilihan ini.

“KPU Kota Batam siap melaksanakan pemilihan kepala daerah, khususnya Walikota dan Wakil Walikota Batam, yang akan menjadi satu kesatuan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 27 November 2024 nanti,” kata Indrawan.

Indrawan menambahkan proses persiapan sudah berjalan dengan baik. Dengan peluncuran ini, menurutnya KPU Kota Batam menunjukkan komitmen untuk menyukseskan Pilkada 2024, serta memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Mulai dari pelantikan PPK yang sudah dilaksanakan, sebentar lagi akan diikuti pelantikan PPS. Kemudian, pada awal Juni, kita akan melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih. Proses ini akan diikuti oleh pendaftaran calon pada tanggal 27 hingga 29 Agustus nanti,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN