Komisi II DRPD Minta Pemko Tata Pasar Encik Puan Perak

Pasar Encik Puan Perak
Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang, Fengky Fesinto. Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri.com) – Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang, Fengky Fesinto meminta agar Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang benar-benar memperhatikan tatanan Pasar Encik Puan Perak.

Ia menilai, penataan Pasar Encik Puan Perak saat ini masih belum terta dengan rapi. Masih banyak lapak jualan yang tidak menjual sesuai dengan kebutuhannya. Terutama pada penataan atau peruntukan bangunan A, B, C, dan D Pasar Encik Puan Perak.

“Misalnya gedung A khusus untuk jual baju hingga aksesoris mungkin yang sejenis. Jangan campur-campur,” katanya.

Baca Juga: 430 Pedagang Sudah Daftar Lapak Pasar Encik Puan Perak

Kemudian, untuk bagian makanan seperti sayur, ikan, daging, dan lainnya berada di gedung lain. Dengan demikian, lingkungan pasar Tanjungpinang akan lebih tertata dan tidak campur aduk antara makanan, pakaian, dan jenis jualan lainnya.

Penjualan baju, aksesoris, atau bahan kering lainnya juga tidak terdampak dengan aroma bahan makanan seperti ikan dan sayur.

“Blok A bisa untuk khusus yang sama sekali kering ya seperti baju, pakaian-pakaian muslim,” kata Fengky.

Begitu juga dengan lingkungan di sekitar yang harus mendapatkan perhatian serupa agar rapi dan bersih, seperti pada ruko-ruko sepanjang lingkungan pasar.

Penjabat (Pj) Walikota Tanjungpinang Hasan menjelaskan selama dua hari sebelumnya Pemko telah melakukan penertiban melalui pendekatan yang humanis untuk meminta PKL tidak berjualan di luar Pasar Encik Puan Perak.

Tidak hanya melalui penataan pasar, Pemko Tanjungpinang akan tetap melakukan pengawasan melalui Satpol PP agar tidak ada lagi PKL yang berjualan di ruas jalan atau lorong-lorong di kawasan pasar. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat melakukan aktivitas perbelanjaan di dalam gedung Pasar Encik Puan Perak.

Penertiban ini dilakukan setelah Pemko Tanjungpinang sebelumnya melakukan sosialisasi kepada para pedagang sehingga imbauan tersebut dapat diterima oleh para pedagang.

Hasan menambahkan pihaknya juga menerima aspirasi untuk perbaikan fasilitas yang belum lengkap seperti penyediaan air di blok pedagang penjual ayam,ikan dan daging berikut dengan saluran pipa air agar tidak ada air yang menggenang.

Terkait olah gerak pedagang untuk mengangkut dagangannya juga sudah diatur untuk memudahkan pedagang dan tidak mengganggu masyarakat yang ingin berbelanja.

Evaluasi konstruksi gedung juga akan terus diperhatikan agar dapat membantu pedagang Pasar Encik Puan Perak sendiri saat ini telah memenuhi standar nasional sebagai pasar rakyat modern yang dibangun oleh Kementerian PUPR.

“Alhamdulilah, komunikasi terhadap pedagang berjalan dengan lancar sehingga semua pedagang dapat tertampung di dalam pasar, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di bahu trotoar karena itu merupakan hak masyarakat sebagi pengguna jalan”, ungkapnya.

Untuk meramaikan aktivitas pasar, Hasan dalam beberapa waktu ke depan akan mengadakan kegiatan senam sehat bersama di akhir pekan.

“Saya akan meminta jajaran pegawai di lingkungan Pemko Tanjungpinang untuk adakan senam sehat bersama masyarakat agar dapat memantik aktivitas pasar sehingga kembali ramai seperti semula,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN