Kemenkumham Inspeksi Lapas Dabo Singkep

Lapas Dabo Singkep
Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepri Dwinastiti memimpin inspeksi mendadak di Lapas Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (7/6/) malam. (Foto: istimewa)

Lingga (gokepri.com) – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Kemasyarakatan (Satopspatnal) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Kepri inspeksi mendadak di Lapas Kelas III Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (7/6) malam.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kemenhunham Kepri Dwinastiti memimpin langsung sidak tersebut. Tim memeriksa seluruh kamar tahanan didampingi anggota dari Polres Lingga. Hasil sidak tidak menemukan barang-barang terlarang seperti narkoba atau senjata tajam di dalam kamar tahanan. Yang ditemukan dalam sidak tersebut, patahan tangkai sikat gigi, pencukur jengot dan sepit jenggot.

Dwinastiti mengatakan dengan tidak adannya temuan barang barang terlarang maka pengawasan harus dipertahankan. “Pengawasan telah dijalankan dengan baik,” ujar dia.

Dia menyatakan sidak tersebut rutin dilaksanakan.”Kami apresiasi di Lapas Dabo tidak ada ditemukan barang-barang berbahaya ataupun terlarang seperti narkoba,” sambung dia.

Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep Dewanto menjelaskan kedatangan tim Satopspatnal ini untuk melakukan pencegahan dan deteksi dini terkait gangguan keamanan dan ketertiban.

“Seperti yang dilihat hasilnya tidak ditemukan barang-barang yang dilarang seperti narkoba senjata tajam atau yang lainnya. Alhamdulillah selama ini kami sudah melakukan prosedur deteksi dini,” jelas Dewanto.

Kapasitas Lapas Kelas III Dabo Singkep idealnya berjumlah 39. Akan tetapi saat ini sudah diisi sebanyak 63 orang yang artinya sudah melebihi kapasitas.

“Sudah lumayan over maka kami memakai strategi untuk bisa membagi kamar-kamar tersebut agar para tahan cukup dan nyaman berada didalam lapas ini,” ujarnya. (Tam)

|Baca Juga: Lingga Raih Opini WTP 4 Kali, Ketua DPRD Minta Dipertahankan

BAGIKAN