Kemenag Kepri Bangga MAN Insan Cendekia Batam Juara Olimpiade APBN

Olimpiade apbn 2023
Foto: MAN IC Batam

Batam (gokepri) – Siswa Madrasah Insan Cendekia (IC) Kota Batam berhasil meraih juara 1 dalam Olimpiade APBN 2023 yang digelar Kementerian Keuangan. Prestasi ini diraih oleh tiga siswa yang tergabung dalam Tim Celestron, yaitu Maulana Habibie Al-Ghifarie, Naufal Eza Pradana, dan Muhammad Rifqi.

Dalam babak final yang digelar di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Selasa (31/10/2023), Tim Celestron berhasil mengalahkan tiga tim lainnya, yaitu SMAN 6 Kota Tangsel, SMAN 1 Tabanan, dan SMAN 3 Palopo.

Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi madrasah dan juga Kementerian Agama. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Mahbub Daryanto, mengucapkan selamat atas keberhasilan Tim Celestron. Menurutnya prestasi ini bukti madrasah terus berpacu untuk maju seiring perkembangan zaman.

Baca Juga: MAN Insan Cendekia Batam Juara Olimpiade APBN 2023

“Alhamdulillah, selamat kepada siswa MAN IC Batam yang berhasil menjadi juara I olimpiade APBN tingkat Nasional. Prestasi ini tidak lepas dari peran para guru yang luar biasa dalam mendidik anak-anak. Torehan prestasi-prestasi seperti ini sebagai bukti madrasah bangkit, terus berpacu untuk maju seiring perkembangan zaman, tidak tertinggal dalam persaingan di dunia pendidikan,” ucap Mahbub dalam siaran pers, Selasa 31 Oktober 2023.

Untuk sampai di Babak Final, siswa MAN Insan Cendekia Kota Batam harus mengikuti berbagai tahap seleksi yang cukup panjang, mulai dari tahap Online 1, Tahap Online 2, Tahap Semifinal Regional, dan Tahap Final Regional. Sebelumnya, di Babak Final Regional Sumatera, siswa MAN Insan Cendekia Kota Batam berhasil menyisihkan peserta dari MAN IC Bangka Tengah dan SMKN 1 Pekanbaru.

Olimpiade APBN sendiri merupakan sebuah kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/MA/SMK/Sederajat atau Program Paket C yang ada di Indonesia. Olimpiade APBN 2023 menekankan pada pemahaman siswa tentang pengelolaan keuangan negara, siklus APBN, komponen APBN, Nota Keuangan, Pagu dan DIPA, Barang Milik Negara, Badan Layanan Umum, Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, Monitoring dan Evaluasi Anggaran.

Kamal, Kepala MAN IC Batam ketika dimintai keterangan mengenai persiapan yang dilakukan pada tahapan final ini menjawab, keberhasilan ini tidak lepas dari kiat-kiat yang dipersiapkan oleh Tim Celestron beserta guru pembimbing sebelum berlaga di final APBN ini.

“Kami berupaya untuk belajar keras dan belajar cerdas. Belajar keras yakni dengan memaksimalkan penguasaan Ruang lingkup Materi APBN yaitu, Keuangan Negara, Konsep Dasar APBN, Penyusunan APBN, Pelaksanaan APBN, Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran, BMN dan BLU. Kami juga mendalami keuangan negara, nota keuangan, dan menelaah UU Keuangan,” ungkap Kamal.

“Sedangkan belajar cerdas yakni dengan menyeimbangkan ruang waktu antara belajar, beribadah, dan beristirahat di asrama, dan jangan lupa untuk senantiasa tawadhu’ dan bertawakkal kepada Allah SWT,” sambungnya.

Kamal berharap semoga ilmu pengetahuan konseptual ini dapat diimplementasikan di kehidupan nyata terutama dalam pengelolaan APBN, dan prestasi ini mampu menjadi motivasi bagi madrasah lainnya di Kepulauan Riau.

“Semoga capaian prestasi MAN Insan Cendekia Kota Batam selalu mengharumkan Provinsi Kepri, Kementerian Agama Pusat, dan Kanwil Kemenag Kepri. Semoga prestasi ini mampu berimbas positif bagi madrasah lainnya untuk semakin bermartabat di tengah masyarakat. Terakhir, semoga siswa madrasah menjadi generasi yang lebih amanah dalam pengelolaan anggaran negara dan rakyat,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN