Kembali Langka, Warga Karimun Kelimpungan Keliling Pulau Cari Gas Melon

Kru kapal sedang membongkar gas elpiji 3 kg di pelantar rakyat Kolong. (Ilfitra/gokepri.com)

Karimun (gokepri.com) – Sudah beberapa hari ini warga Karimun kembali dihantui kelangkaan gas elpiji 3 kilogram.

Warga mengaku, meski dia sudah mengelilingi Pulau Karimun untuk mendapatkan satu tabung gas, namun gas tersebut tak kunjung dia dapatkan.

“Sudah hampir satu Pulau Karimun ini saya kelilingi, namun yang namanya gas itu tak juga saya temukan,” ujar Jhon Kere, Jumat, 14 Juni 2024.

Memang ada satu atau dua pangkalan yang menerima suplai gas dari agen atau distributor gas, namun tak sampai hitungan jam langsung ludes.

Ketika ada mobil pengangkut gas datang, maka warga sudah mengekor di belakangnya mengikuti kemana mobil tersebut membongkar muatannya.

Alhasil, ketika mobil berhenti di suatu pangkalan, maka tak ayal warga sudah menumpuk di pangkalan tersebut.

Tak dapat elak lagi, antrean panjang warga untuk mendapatkan gas bagaikan ular yang melingkar.

“Saya sudah dari tadi mengantre untuk mendapatkan gas, pas mau giliran saya, eh tahunya gas sudah habis,” ujar Nita, warga Baran sambil bersungut di pangkalan gas milik Abun di Baran I.

Warga pun mempertanyakan keberadaan Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) ke Pemkab Karimun usai diresmikan belum lama ini.

“Katanya setelah SPBE diresmikan takkan ada lagi kelangkaan gas 3 kg, nyatanya sekarang gas maih langka,” ungkap Chairul Sofyan, warga Lubuk Semut yang membuka kedai kopi di kawasan Puakang.

Apa yang dipertanyakan Chairul cukup beralasan, karena Pemkab Karimun berjanji setelah SPBE diresmikan, maka dapat mengurai kelangkaan gas subsidi 3 kg di Karimun.

“Setidaknya, dengan adanya SPBE ini bisa mengurai kelangkaan gas subsidi 3 kg,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq usai peresmian SPBE Karimun di Sememal, Kamis 6 Juni 2024.

Kendati SPBE di Sememal sudah diresmikan Bupati Karimun, namun hingga saat ini belum dioperasikan. SPBE tersebut jadwalnya akan mulai beroperasi pada 1 Juli 2024 mendatang.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN