Karimun Bagian dari Rencana Induk Pelabuhan Perikanan Nasional di Kepri

Perikanan di Kecamatan Moro berpotensi makin baik setelah daerah itu akan dibangun pelabuhan perikanan. (Ilfitra/gokepri.com)

Karimun (gokepri.com) – Kawasan pelabuhan di Kecamatan Moro, Karimun salah satu dari Rencana Induk Pelabuhan Perikanan Nasional (RIPPN) yang ada di Kepri.

Selain Moro, pelabuhan lain di Kepri yang masuk RIPPN adalah Pelabuhan Selat Lampa di Natuna dan Pelabuhan Tarempa di Anambas.

Kemudian, Pelabuhan Barelang di Batam, Pelabuhan Dompak di Tanjungpinang dan Pelabuhan Kijang di Bintan.

Usulan 6 pelabuhan di Kepri masuk dalam RIPPN itu disampaikan Asisten Pemerintahan Kepri, TS Arif Fadillah ketika masih menjabat sebagai Kadis Perikanan Kepri kepada Kementerian KKP.

Usulan itu kemudian ditindaklanjuti Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan meminta Kementerian KKP untuk segera menetapkan 6 usulan pelabuhan tersebut menjadi pelabuhan perikanan.

“Saya bersama Pak Gubernur (Kepri Ansar Ahmad” serta Bupati Karimun sudah melakukan audiensi dengan pihak Kementerian KKP,” ujar ARif Fadillah, Selasa, 10 Januari 2023.

Kata Arif, aundiensi tersebut membahas tindaklanjut usulan penambahan 6 pelabuhan perikanan di Kepri.

Dikatakan, Kementerian KKP menyambut baik audiensi yang disampaikan Pemprov Kepri tersebut.

Saat ini Kepri memang butuh penambahan pelabuhan perikanan lagi karena yang ditetapkan oleh kementerian itu hanya tiga saja.

Menurut dia, keberadaan pelabuhan perikanan di Karimun sebagai implementasi atas program penangkapan ikan terukur (PIT).

Penulis: Ilfitra