Kapolda Kepri Janji Tindak Tegas Pelaku Kecurangan Pemilu

kecurangan pemilu
Kapolda Kepri Irjen Yan Fitri Halimsyah saat meninjau TPS di Tanjungpinang, Selasa (13/2/2024). Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri) – Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Yan Fitri Halimsyah berjanji akan menindak tegas para pelaku yang melakukan kecurangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ia mengingatkan agar para petugas KPPS yang bertugas bekerja dengan jujur dan waspada terhadap pemilih yang akan melakukan kecurangan dengan cara apapun.

“Kita antisipasi agar tidak ada kecurangan,” kata dia saat meninjau TPS di Tanjungpinang, Selasa 13 Februari 2023.

Baca Juga: Ansar Tinjau Kesiapan TPS dan Puskesmas di Tanjungpinang

Ia menyebutkan, banyak modus kecurangan yang dilakukan pada saat pemilihan umum. Untuk itu, ia meminta para petugas tetap fokus terhadap modus-modus yang digunakan.

Berdasarkan pengalamannya, ada beberapa modus-modus kecurangan seperti melapisi jari dengan lilin agar tinta tidak mengenai jari.

“Kita tidak menuduh, hanya saja mengantisipasi agar tidak ada kecurangan itu. Namanya orang berupaya kan pasti mencari segala cara,” ujarnya.

Kendati demikian, ia yakin bahwa masyarakat Kepri tidak akan melakukan praktek kecurangan seperti yang diantisipasinya ke petugas KPPS.

“Tidak mungkin masyarakat Tanjungpinang melakukan kecurangan. Karena kita saling kenal antara satu sama lain. Insya Allah berjalan lancar pemungutan suara esok hari,” ucapnya.

Ia mengatakan partisipasi pemilih pada tahun 2024 harus lebih baik dari tahun 2019 yang hanya 88 persen mencapai 90 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN