Kapal Kargo Terbakar di Perairan Batu Ampar Batam, 15 ABK Selamat

Kapal kargo terbakar di batam
KM Alexindo 8, terbakar di perairan Batu Ampar, Kota Batam, pada Rabu (21/2/2024). Foto: istimewa

Batam (gokepri) – Sebuah kapal kargo KM Alexindo 8, terbakar di perairan Batu Ampar, Kota Batam, pada Rabu (21/2/2024). Sebanyak 15 anak buah kapal (ABK) berhasil dievakuasi dengan selamat.

Humas Kantor SAR Tanjungpinang, Ardila Azizi, membenarkan peristiwa tersebut. “Iya benar. Informasi kronologi masih digali, untuk kejadian di sekitar perairan Batu Ampar. Korban sekarang sedang dievakuasi. Semua korban selamat, ada 15 orang,” ujarnya.

Diduga, kebakaran kapal bermula dari konsleting listrik di bagian dapur. Api dengan cepat membesar dan tidak dapat diatasi oleh kru kapal. Pemadaman api dibantu oleh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bubara-868 Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV dan pemadaman api dari KM Alexindo 8.

Baca Juga: Indonesia Gagas Rute Feri Truk Kargo Batam-Johor

Komandan KRI Bubara-869 Mayor Laut (P) Abdul Gofur mengatakan, saat patroli rutin di sekitaran pulau Batam, pihaknya melihat asap hitam dari kapal yang berlabuh jangkar.

“Dengan balingan tinggi 1700 rpm dan kecepatan tinggi 21 knots, KRI BBR-868 bergerak cepat untuk mengontrol situasi dan melaksanakan peran kebakaran untuk memberikan penanggulangan kebakaran langsung,” ucap Mayor Gofur.

Setiba di lokasi kejadian, Prajurit KRI BBR-868 langsung memberikan pertolongan dengan menyemprotkan hydrant air laut dari haluan dan wing bridge kanan-kiri.

“Arus dan angin cukup kencang sehingga menyulitkan KRI BBR-868 untuk mempertahankan posisi Kapal yang hampir menempel di lambung kanan KM Alexindo 8,” kata Mayor Gofur.

Sebelumnya, seluruh ABK KM Alexindo 8 telah diamankan oleh KP 508 dan kapal kargo kayu. KRI Bubara-868 kemudian menginformasikan insiden tersebut kepada Batam VTS.

“Di tengah upaya pemadaman, kapal-kapal lain mulai berdatangan memberikan bantuan pemadaman dengan hidran air laut. Unsur-unsur tersebut berjibaku memadamkan kobaran api,” jelas Komandan KRI Bubara-868.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti Fedro

BAGIKAN