Kampanye Aksi Bergizi di Natuna, Cegah Stunting di Masa Depan

kampanye aksi bergizi natuna
Para pelajar di Natuna mengikuti kampanye aksi bergizi yang digelar Pemkab Natuna, Kamis (20/6/2024). Foto: ANTARA

Natuna (gokepri.com) – Pemerintah Kabupaten Natuna terus berupaya melakukan pemberantasan stunting, salah satunya melalui kampanye aksi bergizi kepada para pelajar di Natuna.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna Wan Asrul di Natuna, Kamis mengatakan kampanye tersebut dilakukan di SMPN 1 Bunguran Selatan, Kamis 20 Juni 2024.

Pelajar yang ikut kegiatan berasal dari SMPN 1 Bunguran Selatan dan SMAN 1 Bunguran Selatan. Kampanye aksi bergizi dilakukan dengan beberapa kegiatan seperti sosialisasi kesehatan, pemberian tablet zat besi (FE) ke pelajar perempuan dan pengecekan hemoglobin (HB).

Baca Juga: Pemkab Natuna Bagikan Sarapan Sehat untuk Balita Stunting

“Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya anemia dan untuk menekan angka stunting di masa depan,” ujarnya.

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.

Pemberian tablet zat besi dan sosialisasi mengenai pencegahan anemia ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi remaja putri tentang pentingnya asupan zat besi di usia remaja.

“Pencegahan stunting harus dimulai dari para pelajar atau generasi muda, pasalnya mereka merupakan calon orang tua,” kata Wan Asrul.

Menurut dia, pelajar yang sudah mendapat ilmu pengetahuan terkait cara hidup sehat dan dampaknya bagi kehidupan, maka akan memperkecil kemungkinan terjadinya stunting pada keturunan para pelajar tersebut.

Ia berharap kegiatan tersebut memberikan dampak kepada pertumbuhan para pelajar dan keturunannya di masa akan datang. Selain itu para pelajar putri yang mendapat sosilisasi juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada teman-temannya yang tidak iktu kegiatan secara langsung. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN