Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Batam, Satu Meninggal, Tiga Tanazul

jemaah haji kloter 1 batam
Para jemaah haji kloter 1 debarkasi Batam saat tiba di Asrama Haji Kota Batam, Sabtu (22/6/2024) malam. Foto: mediacenterbatam.go.id

Batam (gokepri.com) – Jemaah haji kloter 1 debarkasi Batam telah tiba, di Kota Batam, Sabtu 22 Juni 2024 malam. Rombongan haji ini disambut oleh para kepala daerah kabupaten kota Provinsi Kepri begitu tiba di Asrama Haji Batam Center.

Dilansir laman Pemprov Kepri, para pejabat yang menyambut di antaranya Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kepri Mahbub Daryanto, Ketua TP PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari, Waka III DPRD Provinsi Kepri Tengku Afrizal Dahlan.

Para kepala daerah di kabupaten kota di antaranya Walikota Batam Muhammad Rudi, Pj. Walikota Tanjungpinang Andri Rizal, Bupati Bintan Robi Kurniawan, Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra, Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto serta Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota se-Kepri dan Tim Percepatan Pembangunan, Kepala OPD Pemprov Kepri.

Baca Juga: 11 Jemaah Haji Embarkasi Batam Meninggal di Tanah Suci

Kloter pertama embarkasi Batam sebelumnya memberangkatkan 446 orang jamaah calon haji pada tanggal 12 Mei 2024. Mereka berasal dari Natuna 61 orang, Tanjungpinang 205 orang, Bintan 82 orang dan Kota Batam 93 orang.

Adapun yang kembali dalam debarkasi rombongan kloter pertama sebanyak 448 orang. Dari jumlah tersebut satu orang meninggal dunia dan tiga orang tanazul atau pemulangan jemaah haji melalui kloter yang berbeda dengan kloter keberangkatan, karena alasan sakit dan kriteria layak terbang lainnya. Serta tambahan mutasi dari kloter lain 6 orang.

Seperti diketahui, embarkasi Batam memberangkatkan sebanyak 28 kloter dari 4 provinsi yakni Provinsi Kepri, Provinsi Riau, Provinsi Jambi dan Provinsi Kalimantan Barat.

Jemaah kloter pertama asal Kota Batam, kemudian diperkenankan kembali ke rumah masing-masing. Sedang yang berasal dari luar Batam, seperti Tanjungpinang, Bintan, dan Natuna menginap terlebih dahulu di Asrama Haji Batam.

Gubernur Ansar mengucapkan selamat datang kembali di Tanah Air kepada para jemaah haji. Ia mendoakan agar ibadah haji yang telah dilaksanakan diterima Allah SWT, dan menjadi haji yang mabrur.

Menurut dia, perjalanan ibadah haji yang telah dilakukan patut disyukuri, karena seluruh jemaah telah menunaikan rukun iman kelima yakni melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.

“Jadilah bapak ibu contoh dan tauladan yang baik bagi keluarga dan juga lingkungan serta masyarakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN