11 Jemaah Haji Embarkasi Batam Meninggal di Tanah Suci

suhu makkah
Ilustrasi. Umat ​​muslim melakukan ibadah haji di Makkah. Foto: Arabnews.com/Saudi Press Agency

BATAM (gokepri) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mencatat total ada 11 jemaah haji Embarkasi Batam yang meninggal dunia di Tanah Suci. Terbaru, seorang jemaah haji asal Tanjungpinang, Hasan Saryo, 81 tahun, menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Jabal Rahmah pada pukul 10.20 waktu setempat, Selasa (18/6/2024).

“Innalillahi wainnailaihi Raji’un telah berpulang ke Rahmatullah jamaah haji kita Asal Tanjungpinang. Hasan Saryo pada usia 81 tahun di Rumah Sakit Jabal Rahmah pada pukul 10.20 WAS,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Muhammad Syafii.

Baca:

Ia menjelaskan Hasan Saryo meninggal karena sakit saat sedang melakukan ibadah haji. “Karena sakit. Ditambah dengan jemaah asal Jambi dan Riau totalnya jadi 11 orang,” kata dia.

Sebelumnya, Syafii menyebutkan, 10 orang jemaah yang meninggal tersebut memang dari Embarkasi Batam, namun berasal dari Provinsi Riau. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) 2024, jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci ini umumnya adalah lansia dengan risiko kesehatan tinggi.

“Tujuh jemaah berasal dari Riau, dua dari Jambi dan satu asal Kalimantan Barat,” tambahnya.

Tiga jemaah dimakamkan di pemakaman Baqi Madinah dan tujuh lainnya dimakamkan di Syaraya. Menurut Syafii, jemaah yang meninggal rata-rata berusia 55 tahun ke atas dan juga memiliki penyakit penyerta atau bawaan. Pihaknya telah menyampaikan berita duka ini kepada keluarga jamaah di daerah masing-masing.

“Selain itu dari informasi petugas haji di Tanah Suci kondisinya baik dan tidak ada yang sakit,” tuturnya.

Ia menyebut, jemaah haji kloter I Embarkasi Batam akan tiba di Batam pada tanggal 22 Juni 2024.

“Kloter 1 akan tiba di Batam tanggal 22 Juni 2024 jam 16.55 dan kloter 2 tanggal 23 Juni 2024 jam 17.55 WIB,” kata dia.

Penulis: Engesti Fedro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN