Jalan Senyap Relawan Ikhsan

Tokoh muda Batam, M. Al Ichsan saat bincang santai bersama gokepri.com, Selasa (29/6/2021).
Tokoh muda Batam, M. Al Ichsan saat bincang santai bersama gokepri.com, Selasa (29/6/2021).

Batam (gokepri.com) – Kerja senyap dan tanpa pamrih dilakukan kelompok relawan untuk mendukung M. Al Ichsan, tokoh muda Batam, yang telah mendeklarasikan kesiapannya maju calon wali kota di Pilkada Batam 2024 mendatang. Kelompok relawan ini lahir dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari paguyuban, komunitas, hingga kaum milenial.

Dari kalangan anak muda, contohnya, membentuk Anak Muda Pendukung Ichsan (AMPI). Ada juga gabungan pemuda berbagai daerah dengan Jaringan Nusantara Pendukung Ichsan (JNPI) dan warga Sumatera dengan Sumatera Bergerak Untuk Ichsan (SBUI 2024). Kemudian dari kalangan perantau membentuk Jaringan Perantau Nasional untuk Ichsan (JPNI) dan kalangan remaja dengan Sahabat Milenial Al-Ichsan 2024 (SMA 24).

“Saat ini sudah ada sekitar 30-an kelompok relawan yang dibentuk oleh masyarakat. Mereka bekerja tanpa pamrih dan telah melakukan berbagai kegiatan di tengah masyarakat,” kata Ichsan saat bincang santai bersama gokepri.com, Selasa (29/6/2021).

Selama ini para relawan tersebut beraktivitas dalam senyap, sepi publikasi. Mereka bergerak tanpa motif uang, tapi murni ingin turut berkontribusi dan menjadi bagian dari langkah Ichsan menuju Pilkada Batam 2024.

“Pernah saya ingin memberikan bantuan keuangan dalam suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh relawan, tapi ditolak,” ungkap Ichsan.

Kelompok-kelompok relawan ini, jelas Ichsan, aktif bergerak di lingkungan masing-masing. Relawan dari kalangan milenial, misalnya, bergerak di kalangan mahasiswa dan membentuk komunitas-komunitas baru di beberapa kampus di Batam. Di antaranya di Universitas Internasional Batam (UIB), Universitas Ibnu Sina, Universitas Riau Kepulauan, Universitas Batam, Putera Batam, dan Politeknik Batam.

Komunikasi dan koordinasi dilakukan secara rutin, baik melalui pertemuan langsung ataupun lewat grup WhatsApp. Hadirnya kelompok-kelompok relawan ini sangat membantu Ichsan dalam memperluas interaksinya ke masyarakat.

Selain dukungan puluhan kelompok relawan, Ichsan juga sudah menyiapkan pembentukan tim relawan internal di Badan Pemenangan Ichsan (BPI) 2024. Tim relawan ini dibentuk berbasis kecamatan, kelurahan, hingga RT/RW. Jumlah relawan yang bergabung sudah ribuan orang.

“Rencana Januari mendatang akan kami deklarasikan para relawan pendukung BPI 2024,” kata Ichsan.

Untuk memudahkan koordinasi antar relawan, BPI 2024 menyiapkan kartu tanda pendukung yang terdiri dari tiga warna, yakni emas, silver, dan biru. Kartu tanda pendukung berwarna emas diberikan kepada relawan yang berdomisili di Kecamatan Batuampar, Lubuk Baja, Bengkong, dan Batam Kota. Kemudian warna silver untuk relawan yang berdomisili di Belakang Padang, Sekupang, Batuaji, dan Sagulung. Sedangkan warna biru untuk relawan yang berdomisili di Kecamatan Nongsa, Bulang, Sei Beduk, dan Galang.

Baca juga: Ichsan Siap Maju Pilkada Batam 2024

“Kartu tanda pendukung BPI 2024 dilengkapi dengan asuransi untuk relawan dan keluarganya,” kata Ichsan. (wan)

BAGIKAN