Ichsan Siap Maju Pilkada Batam 2024

M. Al Ichsan, tokoh muda Batam saat mengunjungi kantor redaksi gokepri.com, Kamis (20/5/2021).
M. Al Ichsan, tokoh muda Batam saat mengunjungi kantor redaksi gokepri.com, Kamis (20/5/2021).

Batam (gokepri.com) – Sejumlah tokoh mulai ancang-ancang menghadapi pesta demokrasi dan kontestasi di 2024. Salah satunya M. Al Ichsan, tokoh muda Batam, menyatakan kesiapannya maju calon wali kota di Pilkada Batam 2024 mendatang.

Menunjukkan keseriusannya, pria berdarah Minang ini sudah mendeklarasikan kesiapannya maju di Pilkada Batam 2024 pada 1 Maret 2021. Deklarasi itu berlangsung sekitar dua minggu menjelang pelantikan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam terpilih di Pilkada 2020.

Ichsan punya alasan sendiri memilih deklarasi lebih awal menuju Pilkada Batam 2024. Di antaranya untuk memaksimalkan proses sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya ingin publik bisa mengenal, mengetahui. Jangan di last minute saya baru muncul, kasihan audience (publik), sama seperti membeli kucing dalam karung. Ini yang terjadi selama ini, umumnya enam bulan mau hari ‘H’ baru muncul,” katanya saat mengunjungi kantor redaksi gokepri.com, Kamis (20/5/2021).

Selain itu, lanjut Ichsan, ia merasa bahwa dirinya bukan siapa-siapa dibanding ketua-ketua partai politik, pejabat, ataupun anggota dewan. Sehingga perlu mempersiapkan diri lebih awal untuk memperlebar peluangnya menuju kontestasi di Pilkada 2024.

“Saya ini bukan siapa-siapa, jadi saya harus bekerja lebih keras dari siapapun,” katanya.

Analisa Ichsan dan timnya, ada sekitar 50 tokoh yang punya potensi maju sebagai calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada 2024. Mulai dari Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Anggota DPRD Kepri Afrizal Dachlan, Anggota DPD Ria Saptarika, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, dan tokoh lainnya.

“Peluang mereka lebih besar, saya ada di urutan 50, peluang saya paling kecil. Inilah kenapa saya deklarasi lebih awal, karena saya ini masih kecil dan bukan siapa-siapa,” kata Ichsan dengan rendah hati.

Ichsan menyadari bahwa akan banyak tantangan dan ujian yang akan dihadapi dengan memilih deklarasi maju Pilkada lebih awal. Mulai dari energi, waktu, financial cost, maupun godaan lainnya. Namun ia menyatakan kebulatan tekad dan kesiapannya dengan konsekuensi-konsekuensi tersebut.

Ia juga mengungkapkan alasannya lebih memilih bertarung memperebutkan kursi eksekutif dibanding legislatif. Ia ingin menjadi decision maker, sehingga bisa lebih mudah mengambil keputusan dan membuat kebijakan yang benar-benar untuk kepentingan masyarakat.

“Ini berbeda kalau di legislatif, karena keputusannya dilakukan bersama dan memerlukan kesepakatan dari partai politik lain,” katanya.

Tahun 2014, Ichsan mengawali kiprahnya di partai politik dengan bergabung di Partai Golkar Kota Batam. Di partai berlambang pohon beringin tersebut, Ichsan dipercaya menempati jabatan Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga atau Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG).

Di Batam, publik mengenal Ichsan sebagai pengusaha sukes. Ia pernah mimimpin Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) selama beberapa periode.

Ia juga banyak berkecimpung di sejumlah organisasi kepemudaan maupun kemasyarakatan dan sangat peduli dengan persoalan sosial di tengah masyarakat. Pengalamannya merantau dan sebagai tour guide atau pemandu wisata di berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Bali, Sumatera, Papua, dan negara-negara Timur Tengah, Eropa, hingga Amerika, memudahkannya menjalin interaksi dengan siapa saja, dari berbagai lapisan masyarakat.

Terkait dengan masa depan Batam, Ichsan menyatakan bahwa letak strategis Batam masih belum dikelola secara optimal untuk untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakatnya. Ia menyebut Batam sebagai daerah miskin yang sebagian besar pendapatan daerahnya hanya bertumpu dari sektor pajak.

“Dari pengalaman saya merantau ke berbagai daerah dan negara, daerah miskin yang saya temui itu adalah Batam. Buah, beras, sayur, dan kebutuhan pokok lainnya didatangkan dari luar Batam. Batam memerlukan investasi dan secara geografis Batam diuntungkan dengan letak yang strategis. Inilah yang ingin saya maksimalkan untuk lebih memajukan lagi Batam,” kata Ichsan. (zak)

BAGIKAN