Isi Khutbah Aunur Rafiq Saat Jadi Khatib Shalat Idul Adha di Masjid Ibadurrahman

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menjadi khatib shalat Idul Adha di Masjid Ibadurrahman, Sei Lakam Timur. (Ilfitra/gokepri.com)

Karimun (gokepri.com) – Bupati Karimun Aunur Rafiq menjadi khatib shalat hari raya Idul Adha di Masjid Ibadurrahman, Kelurahan Sei Lakam Timur, Kecamatan Karimun, Senin, 17 Juni 2024.

Dalam khutbahnya, Aunur Rafiq menyampaikan hari raya Idul Adha disebut juga dengan hari raya kurban atau hari raya haji.

Dikatakan hari raya haji, karena jutaan umat Islam dari berbagai ras, warna kulit, budaya, status sosial dan suku bangsa di dunia tengah melaksanakan puncak ibadah haji, yakni wukuf di Padang Arafah.

“Jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia saat ini, tidak pandang suku, bangsa dan bahasa namun satu tujuan memenuhi panggilan Allah SWT yakni menunaikan rukun Islam ke lima,” ujar Aunur Rafiq.

Kata Rafiq, sehari sebelumnya, para jamaah haji melaksanakan jamarat di Mina, yakni melontar jumrah untuk mengusir setan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS saat hendak menyembelih putra Nabi Ismail AS.

Jamaah shalat Idul Adha Masjid Ibadurrahman sedang mendengarkan khutbah yang disampaikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq. (Ilfitra/gokepri.com)

Menurut dia, ibadah haji merupaka ibadah yang wajib bagi umat Islam jika berkemampuan, baik mampu dalam kondisi kesehatan maupun mampu secara finansial.

Namun, jika umat Islam belum mampu melaksanakan ibadah haji, maka bisa melaksanakan ibadah kurban, itupun juga bagi yang memiliki kemampuan.

“Ibadah kurban yang dilaksanakan umat Islam sebagai salah satu upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadi insan yang tawakal,” katanya.

Dikatakan, pelaksanaan shalat hari raya Idul Adha dan ibadah kurban merupakan ibadah yang dilakukan umat Islam untuk memenuhi perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW.

“Pada bulan Syawal kita mengucapkan kalimat takbir, tahmid, tahlil dan juga tasbih sebagai tanda kemenangan kita melawan hawa nafsu karena ibadah puasa dalam bulan Ramadhan. Namun, saat kita membacakan kalimat yang sama tanda ketataan kita kepada Allh SWT,” ujarnya.

Aunur Rafiq menyebut, ibadah kurban merupakan perintah dari Allah SWT sesuai dengan surat Al Kautsar.

“Jika selama ini kita menganggap hari raya yang besar itu adalah Idul Fitri, maka sesungguhnya hari raya yang besar itu adalah hari raya Idul Adha,” ucapnya.

Di akhir khutbahnya. Aunur Rafiq mengajak seluruh umat Islam untuk terus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN