Iran Berkabung, Presiden Ebrahim Raisi Meninggal

Presiden Ebrahim Raisi Meninggal
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat tiba di Gedung Nusantara V, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2023). Foto: ANTARA/Galih Pradipta/tom/aa.

Teheran (gokepri.com) – Presiden Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dalam inisiden kecelakaan helikopter di barat laut Iran. Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei mengumumkan hari berkabung nasional selama lima hari.

Ayatollah mengutarakan kesedihan yang mendalam atas meninggalnya Presiden Raisi dalam inisiden yang terjadi di Provinsi Azerbaijan Timur di Iran sehari sebelumnya, Minggu 19 Mei 2024.

Dalam pesan yang disampaikan Senin 20 Mei 2024 pagi, Ayatollah Khamenei menggambarkan Raisi sebagai sosok ulama pekerja keras sekaligus presiden populer yang mengabdikan hidupnya untuk melayani rakyat Iran, negara dan Islam.

Baca Juga: Helikopter Presiden Iran Jatuh, Puing-puing Sudah Ditemukan

“Dalam tragedi yang pahit ini, bangsa Iran telah kehilangan seorang pengabdi yang ramah tamah, rendah hati dan juga berharga,” katanya.

Menurutnya, Presiden Raisi selalu bekerja keras dan bekerja sepanjang waktu demi rakyat Iran meski mendapat kritikan dari para simpatisan.

Ayatollah Khamenei menyampaikan belasungkawa kepada bangsa Iran dan menyetujui Wakil Presiden Mohammad Mokhber mengambil alih jabatan presiden sementara dan untuk bekerja sama dengan ketua parlemen serta pengadilan Iran dalam mempersiapkan landasan untuk memilih presiden baru dalam waktu 50 hari ke depan.

Dia juga mengutarakan kesedihannya atas kepergian sejumlah pejabat senior yang mendampingi Presiden Raisi dalam kecelakaan helikopter di Azerbaijan Timur, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, ulama senior Ayatollah Al-Hashem dan Gubernur Azerbaijan Timur Malik Rehmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara/IRNA-OANA

BAGIKAN