Helikopter Presiden Iran Jatuh, Puing-Puing Sudah Ditemukan

helikopter presiden iran jatuh
Presiden Iran Ebrahim Raisi (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) yang sedang berkunjung di Teheran, Iran, Selasa (19/7/2022). Foto: ANTARA/Kepresidenan Iran/Handout via Xinhua/am.

Teheran (gokepri.com) – Helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi dan rombongannya jatuh di kawasan pegunungan Iran barat laut pada Minggu 19 Mei 2024.

Insiden itu terjadi setelah Raisi bergabung dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev untuk upacara peresmian dan proyek komisioning hidrolik di perbatasan dengan Azerbaijan.

Operasi pencarian dan penyelamatan langsung dilakukan dan berlanjut hingga Senin 20 Mei 2024 pagi. Lebih dari 65 tim penyelamat darurat telah dikirim ke daerah di Provinsi Azerbaijan Timur, di lokasi inisiden terjadi.

Baca Juga: Biden Tegaskan AS Tak Akan Ikut Serang Iran

Pencarian terus dilakukan namun terhambat oleh cuaca buruk berupa kabut tebal, hujan lebat dan medan berat di kawasan tersebut.

Dilansir dari kantor berita Anadolu, selain Presiden Raisi, di dalam helikopter tersebut juga terdapat Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, ulama senior Ayatollah Al-Hashem dan Gubernur Azerbaijan Timur Malik Rehmat.

Ruhullah Mitafakir Azad, anggota parlemen Iran dari Provinsi Azerbaijan Timur mengatakan anggota angkatan bersenjata, menteri, anggota parlemen dan pejabat provinsi semuanya hadir di lapangan dan peralatan yang memadai telah tersedia untuk operasi pencarian dan penyelamatan.

Di antara mereka yang hadir di lokasi kejadian termasuk Wakil Wakil Presiden Mohammad Mokhber dan Panglima Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Jenderal Hossein Salami, yang turut mengawasi operasi pencarian dan penyelamatan.

Sebelumnya pada hari yang sama, Jenderal Mohammad Bagheri, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, meminta pasukan militer untuk menggunakan semua sumber daya untuk menyelamatkan presiden dan rekan-rekannya.

Wakil Menteri Luar Negeri Mahdi Safari, yang melakukan perjalanan dengan helikopter lain dan berhasil sampai ke tujuannya dengan selamat, mengatakan imam Shalat Jumat Tabriz yang menemani Raisi menelepon dua kali setelah kecelakaan itu dan berbicara tentang “kondisinya yang buruk.”

Sejumlah negara turut memberikan bantuan terhadap pencarian helikopter yang ditumpangi Presiden Iran ini. Pada Senin 20 Mei 2024 pagi, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menemukan sumber panas yang terdeteksi oleh drone Turki, yang diduga puing-puing helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Sebelumnya, Kantor Berita Turki Anadolu memberitakan bahwa drone Akinci berhasil mendeteksi sumber panas yang diyakini berasal dari puing-puing helikopter yang membawa Raisi. Tim evakuasi Iran sudah tiba di lokasi jatuhnya helikopter, tulis laporan tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan Ankara telah mengirimkan drone Akinci dan helikopter Cougar dengan sistem penglihatan malam guna membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara/Anadolu/Sputnik

BAGIKAN