Hasil Liga Europa: Napoli Imbangi Leicester, Roma Hujan Gol

Hasil Liga Europa
Pemain Napoli Victor Osimhen merayakan golnya setelah menyelamatkan timnya dari kekalahan untuk seri 2-2 melawan tuan rumah Leicester City dalam laga Grup C Liga Europa di King Power Stadium, Leicester, Inggris, 16 September 2021. (REUTERS/CARL RECINE)

Batam (gokepri.com) – Liga Europa resmi dimulai tadi malam. Jose Mourinho dengan AS Roma-nya mencetak lima gol di kandang. Sedangkan Leicester City dipaksa bermain imbang oleh Napoli.

Striker Victor Osimhen mencetak dua gol pada babak kedua ketika Napoli bangkit untuk mencatat hasil imbang 2-2 melawan tuan rumah Leicester City dalam pertandingan Grup C Liga Europa, Jumat dini hari WIB.

Juara Liga Skotlandia Rangers menelan kekalahan kandang 0-2 melawan Olympique Lyonnais dalam Grup A, menyusul kekalahan yang juga dialami rival sekota Celtic sekaligus juara Piala Eropa 1967 yang kalah 3-4 melawan tuan rumah Real Betis dalam pertandingan Grup G yang diadakan sekitar dua jam lebih awal.

Ayoze Perez membawa Leicester unggul pada menit kesembilan setelah meneruskan umpan silang nan sempurna dari Harvey Barnes.

Leicester sendiri menyerap tekanan lawan di mana kiper Kasper Schmeichel melakukan sejumlah penyelamatan menawan sebelum mereka sendiri menggandakan keunggulan.

Napoli tetap menekan tetapi tersentak pada menit ke-64 ketika Barnes dengan tenang menyambut umpan yang membelah pertahanan Napoli yang dilepaskan Kelechi Iheanacho. Barnes lalu melepaskan tembakan mendatar yang tajam yang sukses melewati kedua kaki kiper David Ospina.

Osimhen yang asal Nigeria membalaskan satu gol bagi Napoli lima menit kemudian dengan penyelesaian predatornya ketika menjauhi penjaganya untuk menyodok bola dari jarak dekat yang melewati hadangan Schmeichel yang sudah terlalu maju dari sarangnya.

Ketika Leicester kehabisan tenaga, Osimhen melompat melewati pemain lawan yang mengapitnya untuk menyundul umpan silang dari Matteo Politano pada menit ke-87 yang seketika memicu selebrasi liar dari bangku cadangan Napoli.

Gelandang Leicester Wilfred Ndidi diusir keluar lapangan pada menit tambahan akibat kartu kuning kedua.

Karl Toko Ekambi melepaskan tembakan melengkung dari jarak 25 meter untuk membawa Lyon mengungguli Rangers dan kiper tim tamu Anthony Lopes menggagalkan upaya Joe Arbo yang berpotensi menyamakan kedudukan, melalui penyelamatan refleksnya yang luar biasa.

Lyon memastikan kemenangan setelah James Tavernier membuat gol bunuh diri ketika bola memantul dari sang bek setelah kemelut di depan mulut gawang Celtic pada menit ke-55.

Pada pertandingan Grup A lainnya, klub Denmark Brondby ditahan imbang 0-0 oleh Slavia Prague.

Di Grup B, juara Piala Eropa edisi 1988 PSV Eindhoven bangkit dari ketertinggalan untuk memaksa hasil imbang 2-2 di kandang sendiri melawan Real Sociedad. Sedangkan Monaco mencatat kemenangan tipis 1-0 atas tim tamu Sturm Graz berkat gol Krepin Diatta.

Cody Gakpo mengamankan satu poin bagi tuan rumah PSV setelah Adnan Januzaj dan Alexander Isak berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 dari gol pembuka tuan rumah yang dicetak Mario Goetze, dalam pertandingan yang sebenarnya berjalan tak seimbang.

Di Grup D, Mesut Ozil membawa Fenerbahce unggul lebih awal di kandang Eintracht Frankfurt sebelum Sam Lammers memanfaatkan umpan silang Filip Kostic untuk memastikan satu poin dari laga ini.

Sedangkan Olympiakos Piraeus mencatat kemenangan kandang 2-1 pada menit terakhir melawan tamunya Antwerp.

Youssef El-Arabi membawa Olympiakos unggul pada menit ke-52 sebelum disamakan Mbawana Samatha pada menit ke-74, namun Oleg Reabciuk memastikan kemenangan tuan rumah atas Antwerp yang kehilangan Jelle Bataille pada menit ke-90 akibat mendapatkan kartu merah.

Sebelumnya dalam pertandingan yang digelar lebih awal, dua gol dari Michail Antonio dan Declan Rice membawa West Ham United menang 2-0 atas tuan rumah Dinamo Zagreb di Grup H.

Juara Piala Eropa edisi 1991 Red Star Belgrade mengalahkan tim Portugal Braga 2-1 di Grup F.

Gol-gol awal dari Albian Ajeti dan Josip Juranovic membawa Celtic unggul 2-0 di kandang Betis, tetapi dua gol yang dilesakkan Juanmi dan dua gol lainnya dari Juan Miranda dan Borja Iglesias membalikkan keadaan sebelum Anthony Ralston menipiskan kekalahan Celtic menjadi 3-4.

Di Wina, tuan rumah Rapid Vienna takluk 0-1 kepada Racing Gengk berkat gol Paul Onuachu pada menit 90+2.

Sebaliknya tuan rumah Lokomotiv Moscow yang harus bermain dengan 10 pemain setelah Nayair Tiknizyan mendapat kartu merah pada menit 57 terhindar dari kekalahan setelah Faustino Anjorin menyamakan kedudukan pada menit 89 setelah Marseille mencetak gol pada menit 59 dari tendangan penalti Cengiz Under.

Tuan rumah Midtjylland juga mencatat seri 1-1 melawan Ludogorets Razgrad. Tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-3 lewat gol Gustav Isaksen namun disamakan Kiril Despodov pada menit ke-32.

Nasib baik dipetik Galatasaray yang menang 1-0 melawan Lazio berkat gol bunuh diri Thomas Strakosha pada menit ke-66.

Mengutip Reuters dan ESPN, tuan rumah Bayer Leverkusen juga mencatat kemenangan setelah menaklukkan Ferencvaros 2-1 berkat gol Exequiel Palacios dan Florian Wirtz, sedangkan tim tamu memperoleh gol dari Ryan Mmaee. (Can)

|Baca Juga: Jadwal dan Fakta Menarik Liga Inggris Akhir Pekan Ini

BAGIKAN