Gubernur Kepri Setuju Natuna dan Anambas Jadi Provinsi

akau potong lembu
Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau kawasan Akau Potong Lembu untuk mematangkan rencana revitalisasi. Foto: Diskominfo Kepri

BATAM (gokepri) – Wacana pemekaran Natuna dan Anambas menjadi provinsi kembali mencuat. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad mendukung wacana dua kabupaten di paling utara Indonesia ini berpisah dari Kepri.

“Kami dukung. Itukan perbatasan. Rentang kendalinya cukup jauh. Kalau bicara syaratnya belum memenuhi. Tapi kalau bicara kedaulatannya, diskresi apapun bisa dikalahkan,” kata Ansar Ahmad, Jumat 27 Januari 2023.

Ansar menjelaskan Natuna dan Anambas bisa saja dimekarkan menjadi provinsi baru namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu mulai dari pendapatan dan kesiapan daerah. Alasan lainnya berkaitan dengan kedaulatan serta rentang kendali yang cukup jauh dengan ibu kota provinsi.

“Kepri juga memiliki sejarah yang hampir serupa saat pemekaran dari Provinsi Riau, kenapa tidak,” kata dia. Ansar menilai, pemekaran tersebut juga tidak akan berdampak negatif bagi Provinsi Kepri karena masih memiliki potensi yang cukup besar.

Pembahasan soal pemekaran ini pun masih tahap diskusi antar kepada daerah dan belum sampai ke pemerintah pusat. Pihak juga masih menunggu rekomendasi dari DPRD dan kepala deerah kabupaten kota. “Apa salahnya Natuna dan Anambas berkembang. Semakin kecil yang kami urus, semakin kecil juga bebannya dan lebih fokus,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga: Bupati Anambas Putar Haluan Dukung Natuna-Anambas Lepas dari Kepri

Penulis: Engesti

BAGIKAN