Google Sediakan Beasiswa Bagi 10.000 Talenta Digital Indonesia

Direktur Urusan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam menyerahkan plakat kepada perwakilan dari Kemenkominfo dalam acara pemberian beasiswa bagi talenta digital Indonesia di Jakarta, Senin (3/6/2024). Foto: ANTARA

Jakarta (gokepri.com) – Perusahaan teknologi Google menyediakan beasiswa bagi talenta digital di Indonesia. Beasiswa untuk lebih dari 10.000 pendaftar itu disalurkan lewat program pengembangan sumber daya manusia.

Direktur Urusan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam mengatakan pemberian beasiswa Google Career Certificates ini disalurkan melalui Telkom Indonesia dan Program Digital Talent Scholarship (DTS) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Beasiswa dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 10 ribu pelajar, pencari kerja, dan juga profesional,” ujarnya, Senin 3 Juni 2024.

Baca Juga: Kemenkominfo dan Google Hadirkan 2.500 Beasiswa, Ayo Daftar!

Melalui program-program yang ada dalam cakupan beasiswa tersebut, peserta bisa mendapatkan keterampilan digital dan sertifikat penguasaan teknologi, termasuk teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Putri mengatakan Indonesia termasuk negara di Asia Pasifik yang mendapat jatah dana dari perusahaan untuk pengembangan keterampilan AI.

Dana perusahaan ini disalurkan melalui program AI Opportunity Fund Asia-Pacific yang dikelola oleh organisasi nirlaba Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) serta mendapat dukungan dari Asian Development Bank (ADB).

Dana yang dikelola oleh AVPN seluruhnya senilai 15 juta dolar AS atau sekira Rp243 miliar, tetapi Putri tidak menyebutkan berapa banyak dana yang dialokasikan untuk Indonesia.

“Dipimpin oleh AVPN dan didukung ADB, dana ini mengundang proposal organisasi sosial membantu kami menjangkau orang-orang yang membutuhkan pelatihan AI,” kata Putri.

Organisasi sosial di Indonesia yang berminat mendapatkan dukungan pengembangan keterampilan AI dari Google bisa mendaftar dengan mengakses goo.gle/Alopportunityfund. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN