Festival Kota Apung Sedanau, Angkat Ciri Khas Rumah di Atas Laut

Festival Kota Apung Sedanau
Dua warga Natuna sedang berpacu mendayung sampan dalam Festival Kota Apung Sedanau, Minggu (23/6/2024). Foto: Diskominfo Natuna

Natuna (gokepri.com) – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Aurora Sedanau bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat dan didukung Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna menggelar Festival Kota Apung Sedanau, Minggu 23 Juni 2024.

Kegiatan perdana yang diadakan di Kelurahan Sedanau ini menampilkan lomba fashion show dengan tema busana dari bahan daur ulang, lomba dayung sampan dan menangkap itik.

Festival yang diadakan di Jalan Sayonara, Kota Apung Sedanau, Kecamatan Bunguran Timur ini unik karena mengangkat ciri khas Kelurahan Sedanau yang rumah warganya dibangun di atas laut sehingga terlihat mengapung.

Baca Juga: 22 Event Pariwisata di Tanjungpinang Sepanjang 2024, Ini Agendanya

Acara ini turut dihadiri Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Ketua PKK Natuna Septi Dwiani. Dalam kesempatan itu Wan Siswandi mengapresiasi kegiatan yang diadakan masyarakat. Ia berharap kegiatan pariwisata ini bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan.

“Terima kasih kepada panitia serta pihak kecamatan yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, harapannya ke depan nanti melalui dinas pariwisata festival ini dapat berkelanjutan,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Kabupaten Natuna.

Bupati Natuna Wan Siswandi hadir dalam Festival Kota Apung Sedanau. Foto: Diskominfo Natuna

Wan Siswandi berharap peserta festival dan seluruh masyarakat yang hadir agar dapat memaknai pelaksanaan kegiatan ini sebagai ajang mempererat silaturahmi.

“Hadiah tidak usah menjadi tujuan karena memang silaturahmi yang paling penting, mudah-mudahan dengan begitu masyarakat secara umum rukun aman tertib dan dirahmati Allah,” kata dia.

Sebelumnya Camat Bunguran Barat, Khaidir dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pelaksana dan pemerintah kabupaten yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

“Semoga tahun depan dengan di dukung kembali oleh dinas pariwisata, akan ada festival yang lebih baik lagi dengan menambah kegiatan seperti bagan apung dan bakar ikan,” ucap Khaidir.

Lomba fashion show menggunakan bahan daur ulang dalam Festival Kota Apung Sedanau. Foto: Diskominfo Natuna

Berbagai event wisata yang diadakan di Natuna berpotensi mendatangkan wisatawan. Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Natuna kunjungan wisatawan ke Natuna terus meningkat.

Kepala Dispar Natuna Hardinansyah, pada 3 Januari 2024 lalu menyebut kunjungan wisatawan ke Natuna meningkat pada tahun 2023 sebesar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022. Wisatawan yang datang kata dia didominasi wisatawan dalam negeri.

“Tahun ini masih sama, yakni didominasi wisatawan nusantara,” ujarnya, Rabu 3 Januari 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti mengatakan sepanjang tahun 2024 Kepri siap menyambut wisatawan dengan menghadirkan berbagai event pariwisata menarik. Ia optimistis event-event ini akan menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kepri.

air terjun neraja anambas
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

“Kepri ini berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Jadi event yang sudah disusun bisa menarik kunjungan wisatawan mancanegara,” ungkapnya, Maret 2024 lalu.

Guntur menargetkan tiga juta kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2024 ini. Untuk mencapai target tersebut, ia mengajak semua pelaku pariwisata di Kepri untuk bersinergi dan bekerja sama.

Event-event yang digelar di Kepri pada tahun 2024 ini sangat beragam, mulai dari festival budaya, olahraga, musik, hingga kuliner. Berbagai event itu tersebar di kabupaten kota yang ada di Kepri, termasuk di Kabupaten Natuna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Asrul Rahmawati

BAGIKAN