Dukungan KPU untuk Penguatan dan Pemahaman Satlinmas dalam Menyambut Musim Kontestasi

38

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun Muhammad Fadli mendukung penuh upaya-upaya penguatan dan pemahaman kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Terlebih penguatan dan pemahaman itu terkait erat dengan penyelenggaraan pesta demokrasi yang berlangsung tahun depan.

“Sangat perlu dilakukan penguatan dan pemahaman bagi anggota Satlinmas dalam rangka persiapan sebagai petugas ketenteraman, ketertiban dan keamanan di TPS pada Pemilu tahun 2024,” kata Fadli di Holiday Karimun Hotel, Senin (4/12) siang.

Muhammad Fadli menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan yang diselenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepri. Satu lagi yang menjadi pemateri adalah Kepala Satpol PP Karimun, Tejaria.

Mereka berdua menjadi pembicara dalam kegiatan Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat dalam Rangka Ketenteraman dan Ketertiban Umum. Kegiatan yang dihadiri 150 Satlinmas di Kabupaten Karimun ini, dibuka langsung oleh Kasatpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Kepri Hendri Kurniadi.

Muhammad Fadli, yang pernah menjadi anggota Bawaslu Karimun ini menyampaikan bahwa perlindungan masyarakat adalah segenap upaya yang dilakukan dalam rangka kelindungan masyarakat dari gangguan yang diakibatkan bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.

Selain itu Linmas membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum serta membantu pertahanan negara.

{embantuan untuk tugas-tugas dalam musim kontestasi tahun depan itulah, Fadli memberi pemanahan dan penguatan sebagai komisioner KPU Karimun. Fadli pun memaparkan PKPU RI Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggaraan Pemilih dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Fadli pun menjabarkan dua pasal terkait dengan ketertiban di TPS. Yang pertama adalah Pasal 79 yang menyebutkan bahwa Petugas Ketertiban TP dibentuk untuk membantu KPPS dalam menjaga keamanan dan ketertiban pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS. Petugas ketertiban TPS berkedudukan di TPS.

Pasal ini dipertegas lagi dengan pasal 81 yang berbunyi bahwa Petugas Ketertiban TPS berjumlah dua orang berasal dari satuan pertahanan sipil dan perlindungan masyarakat. Di ayat selanjutnya disebutkan bahwa petugas ketertiban TP merupakan bantuan dan fasilitas dari pemerintah kabupaten/kota.

Fadli kemudian menjelaskan berbagai hal yang perlu dilakukan dalam rangkaian pesta demokrasi ini. Menjelaskan teknis kegiatan. Termasuk tentang distribusi surat suara yang akhir Desember ini sudah tiba di Karimun.

Fadli juga memetakan posisi Satlinmas di tiap-tiap TPS yang berjumlah dua orang itu. Tugas dan peran mereka dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024 nanti.

“Terima kasih nanti Bapak dan ibu membantu ketertiban dan keamanan di TPS. Kita berharap pelaksanaan pesta demokrasi di Karimun, di Kepri berlangsung aman damai dan kondusif,” kata Fadli.

Sementara itu, Kasatpol PP Karimun, Tejaria memaparkan dan memberi pemahaman tentang peran dan tugas Satlinmas. Di antaranya dijelaskan bahwa Penyelenggaraan Pelindungan Masyarakat adalah pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh kepala daerah dan kepala desa.

Di situ ditegaskan bahwa Penyelenggaraan Linmas di Pemerintah Daerah dilakukan oleh Satpol PP dan Pemerintah Desa. Bahwa dalam Penyelenggaraan Linmas di Provinsi Gubernur membentuk Satgas dengan SK Gubernur, Linmas Kab/Kota dan kecamatan Bupati/walikota membentuk Satgas Linmas dengan SK Bupati/Kota.

Menurut Tejaria, Satlinmas adalah organisasi yang
beranggotakan unsur masyarakat yang berada di kelurahan dan/atau desa dibentuk oleh lurah dan/atau kepala desa untuk melaksanakan Linmas. Anggota Satlinmas adalah warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan secara sukarela turut serta dalam kegiatan.

Pada kesempatan itu, Tejaria berterima kasih dengan peran dan dukungan Satlinmas selama ini untuk kesuksesan berbagai kegiatan di masyarakat. Terlebih dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Ke depan, sesuai dengan jadwal kontestasi, peran mereka semakin besar dengan kesuksesan acara itu. Karena itu, Tejaria berharap penguatan dan pemahaman yang diberikan dalam kegiatan itu dapat diserap sehingga bisa membantu kelancaran tugas nantinya. “Mari kita sukseskan Pemilu, dengan damai di Negeri ini,” kata Tejaria.

***

Foto-foto: Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepri

BAGIKAN