Dua Perusahaan di Batam Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

bapak asuh anak stunting
PT McDermott dan PT Vetco Gray mendapatkan pengharaan karena terlibat dalam program Bapak Asuh Anak Stunting, Selasa (5/12/2023). Foto: Diskominfo Batam

Batam (gokepri.com) – Dua perusahaan di Batam mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam karena terlibat dalam program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Kedua perusahaan itu dianggap ikut andil dalam menyukseskan penurunan angka stunting yang dicanangkan Pemko Batam.

Penghargaan tersebut diberikan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin kepada Corporata Social Responsibility (CSR) PT McDermott dan PT Vetco Gray.

Baca Juga: Baznas dan Pemko Batam Serahkan Bantuan untuk 81 Anak Stunting

“Atas nama Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saya ucapkan terima kasih kepada Puskesmas Tanjungsengkuang yang telah menciptakan kolaborasi luar biasa dengan perusahaan dan masyarakat sehingga bisa menurunkan angka stunting terkhusus di sini,” kata Jefridin, di Aula Puskesmas Tanjungsengkuang, Selasa 5 Desember 2023, dikutip dari laman resmi Pemko Batam.

PT McDermott menjadi bapak asuh stunting bagi 20 anak di Kelurahan Tanjungsengkung selama 6 bulan, dengan bantuan berupa paket makanan cegah stunting seharga Rp840 ribu perbulannya.

Menurut Jefridin langkah memberikan bantuan berupa paket makanan bergizi ini merupakan langkah yang tepat, agar tepat sasaran dan asupan sesuai dengan kebutuhan anak penderita stunting.

“Terimakasih kepada perusahaan CSR untuk memberikan kehidupan yang sehat bagi generasi penerus bangsa. Ini langkah tepat memberikan barang yang di butuhkan sehingga memang betul tepat sasaran dan diawasi stunting terus,” katanya.

Bedasarkan data yang ada, setiap tahun angka stunting di Kota Batam mengalami penurunan, pada tahun 2020 jumlah angka anak penderita stunting di Kota Batam sebanyak 3.876 atau 7,21 persen.

Menurun pada tahun 2021 sebanyak 6,02 persen atau berjumlah 3.367. Kemudian, di tahun 2022 turun menjadi 1.331 atau 2,42 persen angka penderita stunting.

“Allhamdulilah pada tahun 2023 ini angka stunting di Kota Batam kembali turun di angka 1.207 atau 1,90 persen,” kata Jefridin.

Ia bersyukur berkat CSR dari kedua perusahaan ini di Kecamatan Batuampar terdapat penurunan stunting, dari 112 anak di 2022 kini turun menjadi 76 anak penderita stunting di 2023.

Dan syukur berkat CSR dari kedua perusahan ini di Kecamatan Batuampar dari 112 angka anak penderita stunting pada tahun 2022 lalu, turun menjadi 76 anak penderita stunting tahun 2023.

“Semoga di tahun 2024 kita doakan zero stunting,” ujar Jefridin.

Kepala Puskesmas Tanjungsengkuang dr.Denny Zulia menyampaikan peran CSR dari PT McDermott dan PT Vetco Gray terhadap kesehatan anak di Kecamatan Batuampar sangat besar.

“Semoga program ini terus berlanjut, nanti kita akan validasi kembali ke lapangan melihat kembali anak-anak kita,” kata dia.

Ia berharap di tahun 2024 jumlah anak penderita stunting di Kecamatan Batuampar kembali menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

***

BAGIKAN