Dua Kota di Asia Jadi Kota Termahal bagi Ekspat, Geser Kota-Kota di Swiss

kota termahal bagi ekspat
Singapura menjadi kota termahal kedua bagi ekspatriat. Foto: Straits Times

BATAM (gokepri) – Dua kota di Asia menjadi kota termahal di dunia bagi kalangan ekspatriat, menggeser kota-kota di Swiss. Dipicu inflasi harga sewa rumah.

Dua kota itu adalah Hong Kong dan Singapura. Keduanya menduduki peringkat teratas dalam daftar kota-kota termahal bagi ekspatriat. Hong Kong peringkat pertama dan Singapura peringkat kedua.

Baca:

Mereka menggeser Swiss dari posisi teratas selama dua tahun berturut-turut. Biaya sewa tempat tinggal yang tinggi membuat Hong Kong mengungguli Zurich, Geneva, Basel, dan Bern di puncak klasemen, sementara Singapura menempati posisi kedua, menurut laporan Cost of Living 2024 Mercer atau survei biaya hidup pada tahun 2024.

New York turun satu peringkat ke posisi ketujuh. London naik peringkat ke posisi kedelapan, melonjak sembilan peringkat dibandingkan peringkat tahun lalu.

Laporan Mercer menyebutkan kenaikan biaya perumahan dan tren inflasi yang fluktuatif menekan paket kompensasi pekerja ekspatriat.

“Tantangan biaya hidup berdampak signifikan pada organisasi multinasional dan karyawan mereka,” kata Yvonne Traber, pemimpin mobilitas global Mercer, dalam siaran pers.

“Tingginya biaya hidup dapat menyebabkan penugasan kerja (expatriate assignment) perlu menyesuaikan gaya hidup, mengurangi pengeluaran, atau bahkan kesulitan memenuhi kebutuhan dasar mereka,” ujarnya. “Untuk mengatasi tantangan tersebut, pemberi kerja dapat menawarkan paket kompensasi yang mencakup tunjangan atau subsidi perumahan atau menyediakan layanan pendukung lainnya.”

Hasil Survei Lain dari Laporan Mercer:

* Tujuh kota di Amerika Serikat (AS) masuk dalam 20 besar teratas, termasuk Los Angeles (peringkat 10), Honolulu (peringkat 12), dan San Francisco (peringkat 13).
* Sydney menjadi kota termahal di kawasan Pasifik (peringkat 58).
* Toronto menjadi kota termahal di Kanada (peringkat 92).
* Mumbai menjadi kota termahal di India (peringkat 136).
* Lagos (peringkat 225) dan Abuja (peringkat 226) di Nigeria turun ke peringkat terbawah karena fluktuasi mata uang.

Mercer menilai biaya perbandingan lebih dari 200 barang dan jasa – termasuk perumahan, transportasi, makanan, pakaian, dan barang-barang rumah tangga – untuk menghasilkan peringkat 226 kota.

Inilah 10 kota paling mahal di dunia bagi ekspatriat menurut survei Mercer:
1. Hong Kong
2. Singapura
3. Zurich
4. Geneva
5. Basel
6. Bern
7. New York
8. London
9. Nassau
10. Los Angeles

BLOOMBERG

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

BAGIKAN