Dishub Catat 442 Titik Parkir di Batam Berpotensi Retribusi

Parkir di batam
Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Salim. Foto: gokepri.com/Engesti

BATAM (gokepri.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau mencatat ada 442 titik parkir di Batam yang berpotensi untuk meningkatkan pendapatan retribusi daerah tahun 2024.

Kepala Dishub Kota Batam Salim, mengatakan hingga saat ini capaian retribusi layanan parkir di tepi jalan umum Rp4,7 miliar. Jumlah itu masih kurang dari target sebesar Rp15 miliar.

Ia menyampaikan Dishub juga menerapkan parkir berlangganan sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir.

Baca Juga: Hendra Asman: Pengawasan Perda Parkir Lemah, SDM Belum Siap

“Sampai saat ini sudah 442 titik parkir, dengan jumlah juru parkir (jukir) di tepi jalan sebanyak 585 orang,” ujar Salim belum lama ini.

Ia menambahkan untuk meningkatkan pelayanan dalam jasa parkir, Dishub melakukan inovasi dengan mengganti atribut jukir. Atribut baru ini, penanda jukir resmi di Kota Batam dengan mengenakan seragam berwarna merah muda (pink) dan memiliki kartu identitas.

Ia mengatakan pemberian atribut baru tersebut dilakukan secara bertahap dan hingga saat ini sebanyak 550 atribut telah didistribusikan kepada juru parkir di beberapa titik.

“Berangsur kami distribusikan kepada juru parkir resmi yang belum memiliki atribut parkir tersebut. Kami anggarkan di perubahan APBD di tahun ini baru tersedia 550 pcs saja. Sisanya di APBD-P,” kata Salim.

Dishub Batam mengimbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan jasa jukir resmi yang memakai atribut lengkap.

“Masyarakat juga dapat melaporkan jukir liar atau jukir resmi yang tidak memakai atribut ke Dishub Batam,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti Fedro