Disdik Kepri Tunggu Aturan Pusat untuk Rekrut Guru Lulusan PPG Prajabatan

Kepala Disdik Kepri Andi Agung. Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri.com) – Dinas Pendidikan Provinsi Kepri masih menunggu aturan pemerintah pusat untuk merekrut lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan yang tidak lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung mengatakan, Disdik Kepri saat ini tidak lagi melakukan perekrutan guru honorer dengan alasan anggaran yang terbatas dan adanya kebijakan baru yang lebih memprioritaskan guru honorer yang sudah memiliki pengalaman mengajar.

“Sehingga tidak ada lagi perekrutan sesuai undang-undang ASN. Sekarang fokusnya menyelesaikan guru honorer yang sedang mengajar di sekolah,” kata dia Senin 10 Juni 2024.

Baca Juga: Lulusan PPG Prajabatan Dijamin Lolos PPPK

Pemprov saat ini tengah berupaya untuk melakukan pemerataan guru di seluruh sekolah di Kepulauan Riau. Sebab menurut dia, masih banyak guru yang menumpuk di dalam satu sekolah.

“Sekarang belum ada permintaan guru. Guru di Kepri cukup. Cuma belum merata di tiap daerah. Paling banyak guru numpuk di Batam dan Tanjungpinang,” kata dia.

Oleh karena itu, lulusan PPG Prajabatan yang belum lulus seleksi PPPK tidak bisa langsung ditampung oleh sekolah.

“Jadi lulusan PPG Prajabatan tidak bisa ditampung dulu. Kami atur dulu kebutuhan guru di sekolah-sekolah,” kata dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek RI Prof. Dr. Nunuk Suryani mengatakan lulusan PPG Prajabatan dijamin bisa lolos seleksi PPPK.

“Kami prioritaskan lulusan PPG Prajabatan tahun 2023 untuk dapat ikut tes selesai PPPK dan dipastikan lolos untuk memenuhi jumlah guru di Kepulauan Riau,” kata dia, di Kampus UMRAH, Tanjungpinang, Rabu 15 Mei 2024.

Menurut dia, jumlah guru pensiun di Kepulauan Riau cukup besar. Nantinya, para lulusan PPG Prajabatan diproyeksikan untuk mengisi kekosongan guru dan menggantikan guru-guru yang pensiun di berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN