Dapat Alokasi Dana Rp1 Triliun, Disdik Batam Bangun 38 RKB di 2024

relokasi siswa di rempang
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Tri Wahyu Rubianto. Foto: Gokepri.com/Engesti

Batam (gokepri.com) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mendapat alokasi dana sebesar Rp1 tirliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kota Batam tahun 2024.

Kepala Disdik Batam Tri Wahyu Rubianto mengatakan dengan adanya alokasi dana tersebut maka di 2024 mendatang Disdik Batam akan membangun 38 ruang kelas baru (RKB).

“Terdiri atas 14 ruang kelas di SD dan 24 ruang kelas di SMP,” rincinya, Juma 1 Desember 2023.

Baca Juga: Beragam Masalah PPDB di Kepri, Solusinya Tambah Ruang Kelas

Pembangunan ruang kelas baru di sekolah dasar meliputi sembilan ruang kelas di sekolah negeri dan lima ruang kelas di sekolah swasta.

“Untuk jenjang SMP direncanakan dibangun 24 ruang, dengan perincian sekolah negeri 23 ruang, dan swasta satu ruang,” kata Tri Wahyu.

Selain untuk membangun ruang kelas baru, dana tersebut juga akan digunakan untuk merehabilitasi ruang kelas hingga belanja pegawai.

Ia mengatakan Disdik Batam rencananya akan merehabilitasi 25 ruang kelas di SD dan satu ruang kelas di SMP.

Sementara utnuk belanja pegawai termasuk di antaranya untuk membayar gaji dan tunjangan pegawai.

“Belanja pegawai didominasi pembayaran kewajiban daerah kepada tenaga pendidik. Bertambahnya ASN melalui seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja juga menambah pengeluaran di Disdik,” ujarnya.

Dari perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), Disdik Kota Batma mendapat tambahan 1.000 orang guru. Gaji pokok guru PPPK memang dibayarkan oleh negara namun untuk pembayaran tunjangannya dibebankan kepada APBD.

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengatakan anggaran bidang pendidikan harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memajukan pendidikan di Kota Batam.

“Alhamdulillah, kalau aturan sebut itu minimal 20 persen, namun kami bisa memberikan lebih hingga 30 persen,” kata Nuryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN